Kenang Sosok Mooryati Soedibyo, Nadia Mulya: Kartini Modern

Nadia Mulya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aiz Budhi

JAKARTA – Presenter ternama sekaligus runner-up pertama Puteri Indonesia 2004, Nadia Mulya merasa sangat berduka atas meninggalnya Mooryati Soedibyo. Nadia hadir langsung melayat ke rumah duka yang terletak di daerah Menteng, Jakarta Pusat.

Kombes Gidion: Penganiayaan Senior kepada Junior Taruna STIP Dianggap Tradisi

Kepada awak media, Nadia Mulya mengaku kehilangan atas kepergian Mooryati Soedibyo. Nadia menilai, Mooryati semasa hidup telah memberi inspirasi untuk banyak orang khususnya perempuan Indonesia. Scroll untuk tahu cerita lengkapnya, yuk!

"Kita kehilangan figur ibu, kehilangan figur eyang dan kayaknya gak cuma kita aja sih, semuanya yang kenal dengan sosok ibu Mooryati, baik secara langsung ketemu dengan beliau atau baca kiprahnya tuh, kayaknya pasti ada kehilangan yang amat sangat amat sih," kata Nadia Mulya, Rabu, 24 April 2024.

Bentrok Kelompok Pemuda di Bandar Lampung, 1 Pelajar Tewas

"Dia inspirasi buat Indonesia terutama buat perempuan-perempuan Indonesia," tambahnya.

Suasana di rumah duka Mooryati Soedibyo

Photo :
  • VIVA/ Aiz Budhi
Polisi Tetapkan Senior Taruna STIP Tersangka Penganiayaan Juniornya Hingga Tewas

Dalam kesempatan tersebut, Nadia juga mengungkap bahwa Mooryati Soedibyo adalah sosok yang memberi inspirasi kepada dirinya, salah satunya dalam hal penampilan. Pertama kali bertemu saat gelaran Puteri Indonesia 2004, Nadia menilai Mooryati Soedibyo sebagai sosok yang menawan dan disiplin dalam hal penampilan. 

"Sama ibu aku gak akan lupa, jadi aku kan dasarnya orangnya tuh cuek, selengean kan, aku ikut pemilihan Puteri Indonesia a long time a go tahun 2004. Pada saat itu, aku ketemu sama ibu, ibu itu selalu on, jadi dalam kondisi kita mau ada acara, sasakannya rapi, bajunya rapi dan selalu makeup-nya rapi. Jadi ibu itu yang ngasih inspirasi ke aku," kata Nadia Mulya.

Nadia merasa banyak perempuan yang terinspirasi oleh sosok Mooryati Soedibyo, yang dinilai sukses dalam banyak hal. Di mata Nadia, Mooryati Soedibyo adalah sosok Kartini masa kini.

"Dia sukses dalam perusahannya, dalam mendidik anak-anaknya, dalam bersosialisasi, sampai ibu juga masih kuliah S3, aku inget banget gitu. Jadi, ya kalau mau dibilangin wonder woman, ya sosok Kartini modern ya adalah beliau sih," kata Nadia.

"Dan kita semua yang terutama para puteri-puteri di luar sana kita juga pasti melihat ibu sebagai sosok yang luar bisa. Pokoknya belajar tata krama, sopan santun, unggah ungguh juga dari beliau. Which is penting banget sih untuk generasi sekarang," tambahnya. 

Semasa hidup, Mooryati Soedibyo dikenal sebagai pendiri Mustika Ratu sekaligus pencetus ajang Puteri Indonesia. Ia meninggal dunia pada Rabu, 24 April 2024 sekitar pukul 01.00 WIB. Almarhumah menghembuskan napas terakhirnya di usia 96 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya