Angkatan Udara Indonesia-AS Gelar Latihan Cope West 2023

Komandan Skuadron Tempur ke-35 Amerika Serikat Letnan Kolonel Angkatan Udara AS Eric Broyles (kanan).
Sumber :
  • ANTARA/HO-Kedubes AS di Jakarta.

Pekanbaru – Angkatan Udara Indonesia dan Amerika Serikat ikut serta dalam latihan tempur taktis bilateral Cope West 2023 di Pangkalan Angkatan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, pada 12-23 Juni.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Sekitar 100 personel dan pesawat dari 8th Fighter Wing Angkatan Udara AS akan bergabung dalam latihan lapangan bersama personel TNI AU, kata Kedutaan Besar AS di Jakarta dalam pernyataannya pada Selasa.

Enam pesawat F-16 milik Angkatan Udara AS dan tujuh pesawat milik TNI AU disebutkan akan berpartisipasi dalam latihan Cope West tahun ini. Peserta dari AS dan Indonesia akan melatih kemampuan tempur taktis, evaluasi kemahiran, identifikasi latihan masa depan, dan meningkatkan kemampuan lain yang terkait dengan berbagai misi bilateral, menurut pernyataan Kedubes AS.

VIVA Militer: Jet Tempur Fighting Falcon F-16 milik TNI AU

Photo :
  • Dispenau
Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI


"Terima kasih kepada semua orang yang terlibat dalam proses perencanaan," ujar Letnan Kolonel Angkatan Udara AS Eric Broyles, komandan Skuadron Tempur ke-35, Senin (12/6), pada upacara pembukaan latihan tersebut pada  .

"Butuh banyak usaha untuk sampai ke titik ini. Kami berterima kasih atas kesempatan untuk tumbuh bersama, baik dalam taktik maupun persahabatan," ujarnya.

Angkatan Udara Pasifik, berkoordinasi dengan berbagai komponen, sekutu, dan para mitra, memberikan kemampuan udara, angkasa, dan ruang siber yang tak tertandingi bagi Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat untuk menegakkan tatanan internasional, kata Kedubes AS. Koordinasi itu, kata Kedubes, juga untuk memastikan kawasan Indo-Pasifik tetap bebas dan terbuka,

Cope West adalah latihan rutin yang pertama kali dilakukan pada 1989. Latihan pada tahun ini menandai kesepuluh kalinya Cope West diselenggarakan di Indonesia. (Ant/Antara)

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam
Kadispenad Brigjen TNI Kristomei Sianturi

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Menjadi seorang jenderal adalah keinginan utama bagi setiap anggota TNI yang ingin mencapai puncak karier mereka. Nah, ada beberapa jenderal termuda di TNI AD.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024