Viral, Pelajar di Jepang Berkerumun Tutupi Siswi Muslim yang Hijabnya Tersingkap Saat Pingsan

Toleransi di Jepang
Sumber :
  • Instagram

Tokyo – Salah satu potret mengharukan terjadi di sebuah Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Jepang. Dalam sebuah video yang diunggah melalui akun Instagram @tamu.lj, memperlihatkan para siswa yang membuat sebuah barikade untuk menutupi salah satu teman Muslimnya, yang hijabnya terlihat terbuka setelah jatuh pingsan. 

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

"Hari ini baru pertama kali saya melihat toleransi orang Jepang yang mengharukan terhadap Islam," tulis pemilik akun Instagram itu, pada 16 Juni 2023. 

"Hari ini adalah hari festival olahraga di sekolah SMP, anak kami Ria sekolah pakai hijab, dan guru-gurunya pun tahu kalau Ria enggak mau dibuka hijabnya," tambahnya. 

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Toleransi di Jepang

Photo :
  • Instagram

Pemilik akun menjelaskan bahwa saat acara berlangsung, cuaca di lapangan cukup panas, sehingga anak bernama Ria jatuh pingsan. 

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

"Hari ini cuaca cukup panas dan ketika perlombaan lompat tali Ria terkapar dan di sini para guru harus membuka hijab (Ria) supaya udara masuk, tapi tindakan guru dan siswi yang bikin saya terharu," ujarnya. 

Setelah melakukan lompat tali, Ria yang kondisinya kelelahan terkapar di lapangan. Wali kelas menghampiri Ria, kemudian, teman-teman wanita Ria secara serempak mengelilingi Ria agar tidak terlihat saat hijabnya dibuka. 

"Wali kelas Ria berlari untuk minta bantuan guru lainnya," jelasnya. 

Pemilik akun yang juga ibu kandung dari Ria menjelaskan bahwa dirinya sempat panik saat melihat anaknya pingsan. Namun, terdapat aturan bahwa wali yang hadir tidak boleh berinteraksi dengan siswa. 

Meski demikian, di saat yang bersamaan, warga asli Lombok itu juga bersyukur bahwa wali kelas, serta teman-teman Ria ikut membantu menangani kejadian tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya