Kaisar Jepang Naruhito Kunjungi Indonesia, Ternyata Ada Larangan Selfie Bagi Kerajaan Jepang

Presiden Jokowi terima kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang Naruhito
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

JakartaKaisar Jepang Hironomiya Naruhito untuk pertama kalinya mengunjungi Indonesia. Selama tinggal di Indonesia, Kaisar Naruhito mengaku dapat memperdalam pemahamannya tentang budaya dan sejarah Indonesia.

Merinding, Beredar Gambar yang Diduga Penampakan Seorang Youtuber Cantik Swafoto dengan Setan

Namun, tahukah kamu bahwa ada aturan yang cukup ketat antara Kaisar Jepang dengan masyarakat biasa?

Salah satu Pengamat Media Sosial asal Indonesia, Hariqo Satria, baru-baru ini menjelaskan bahwa dirinya telah diwawancarai oleh salah satu media ternama di Jepang, The Asahi Shimbun.

Lingkar Gentong Tasikmalaya jadi Lokasi Favorit Pemudik Swafoto saat Arus Balik

Presiden Jokowi terima kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang Naruhito

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Saat wawancara berlangsung, Hariqo mendapat informasi bahwa Kaisar Jepang Naruhito akan mengunjungi Indonesia selama enam hari, tepatnya pada 17-23 Juni 2023.

Psikolog Sorot Ekspresi Tamara Tyasmara Terhadap Dante: Tidak Harmonis Antara Anak dengan Ibu

Menariknya, Hariqo membeberkan bahwa Kekaisaran Jepang memiliki aturan yang cukup ketat, yang telah diterapkan sejak dahulu hingga saat ini. Aturan tersebut adalah masyarakat dilarang melakukan swafoto dengan Kaisar.

"Teman-teman, saya mau cerita sedikit, kemarin saya diwawancarai oleh media Jepang, The Asahi Shimbun. Intinya, mereka mengabarkan bahwa Kaisar Jepang Ke-126 Naruhito akan melakukan kunjungan perdana ke Indonesia pada 17-23 Juni 2023 ini," kata Hariqo dalam penjelasannya di Instagram pribadinya @hariqosatria, pada 17 Juni 2023.

"Yang menarik adalah, salah satu aturan Kekaisaran Jepang yaitu masyarakat dilarang berswafoto dengan Kaisar. Ini aturan kuno yang sudah diterapkan sejak jaman dulu sampai sekarang," tambahnya.

Aturan ini jelas berbeda dengan budaya di Indonesia, di mana, swafoto dengan seorang publik figur, tokoh politik, atau orang berpengaruh dapat memunculkan dampak positif. 

"Lalu saya jelaskan kalau di Indonesia tidak ada larangan untuk berswafoto dengan para pejabat. Beberapa pejabat di Indonesia juga menyadari bahwa selfie, wefi, dengan warga itu bisa meningkatkan keterkenalan, kesukaan, dan keterpilihan," jelasnya.

Kemudian, Hariqo akhirnya memberi saran pada saat sesi wawancara. Dia mengatakan bahwa ada baiknya jika Kaisar Jepang dapat melakukan swafoto dengan beberapa pejabat ataupun masyarakat di Indonesia 

"Nah ini yang menarik lagi, menurut Mas Rizky Akbar Hasan yang bekerja di Asahi Shimbun, kalau ternyata dalam kunjungan Kaisar Jepang ini ternyata ada foto selfie antara Kaisar Jepang dengan masyarakat Indonesia, maka itu akan menjadi berita heboh di Jepang," katanya.

"Nah, mari kita lihat apa yang terjadi selama enam hari ini."

Sebagai informasi, Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako telah membawa sentuhan yang lebih santai ke salah satu monarki tertua di dunia. Mereka bahkan mengobrol menggunakan bahasa Inggris dengan pengunjung asing, tertawa bersama anak-anak, dan bermain dengan anjing.

Mereka adalah pasangan kekaisaran pertama Jepang yang mendapat gelar universitas, dan memiliki pengalaman bertahun-tahun tinggal di luar negeri. Kaisar bahkan mencuci pakaiannya sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya