Jelang Closing Date Kedatangan Gelombang II, 203.459 Jemaah Haji Sudah Tiba di Tanah Suci

Kepala Daker Bandara, Haryanto
Sumber :
  • MCH 2023

JEDDAH – Jelang closing date penerimaan kedatangan gelombang kedua jemaah haji di Tanah Suci, dua bandara di Arab Saudi, King Abdul Aziz Jeddah dan Ameer Mohammad Bin Abdul Aziz masih sibuk. Hari ini 23 Juni 2023 hingga closing date 24 Juni 2023, dijadwalkan akan 7.251 jemaah yang datang ke Tanah Suci dari 20 kelompok terbang (kloter).

Innalillahi, Jemaah Haji Asal Palembang Meninggal Sebelum Menuju Tanah Suci

Berdasarkan kedatangan gelombang kedua tercatat khusus 23 Juni 2023, masih ada 17 kelompok terbang yang akan tiba di Tanah Suci. Dari 17 kloter, satu di antaranya yakni SOC (Solo) 99 yang merupakan kuota tambahan akan mendarat di Bandara Ameer Mohammad Bin Abdul Aziz, Madinah. Sementara yang lainnya akan mendarat di Jeddah.

Dan pada saat Closing Date, 24 Juni 2023, para petugas PPIH masih akan menerima kedatangan sebannyak tiga kloter yakni SUB (Surabaya) 87, SUB (Surabaya) 88 dan BTH (Batam) 34. 

Kemenag Banten Terima Kuota Limpahan Calon Jemaah Haji dari Lampung dan Jakarta

Kepala PPIH Daker Bandara, Hariyanto di Bandara AMMA Madinah

Photo :
  • Lutfi Dwi Pujiastuti/MCH 2023

Kepala Daerah Kerja Bandara, PPIH Arab Saudi, Haryanto mengungkapkan, selesai menerima kedatangan jemaah haji, para petugas langsung bertolak ke Mekkah untuk menjalani Armuzna serta menjalani tugas di Arafah. 

Tak Perlu Khawatir, Jemaah Haji Bisa Masuk Raudhah dengan Tasreh

"Selesai terima jemaah, rencana berangkat ke Mekkah jam 12.00 WAS. Kita beri pembekalan tugas dan fungsi terkait satgas di Arafah. Untuk closing date jemaah Indonesia tiba di Arab Saudi 02.45 WAS tanggal 24 Juni 2023," kata Haryanto. 

Awalnya, closing date dijadwalkan 22 Juni 2023. Namun karena adanya kuota tambahan, jadwal closing date menjadi 24 Juni 2023. 

Selama penerimaan kedatangan jemaah haji berlangsung, Haryanto mengatakan ada sejumlah masalah yang dihadapi jemaah, mulai dari pemeriksaan sidik jari, hilang pasor hingga adanya koper jemaah yang dibongkar di Imigrasi bandara. 

"Dari sisi permasalahan karena tahun ini kita kuota penuh, ditambah kuota tambahan, masalah-masalah yang ada di bandara lebih banyak dari tahun lalu. Di antara nya masalah basmah sidik jari, barang bawaan berlebih, membawa rokok, paspor hilang dan lain-lain," kata Haryanto lagi. 

Perlu diketahui pula dari data Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu atau Siskohat tercatat bahwa hingga hari ini, Jumat 23 Juni 2023 pukul 07.03 WAS, jumlah jemaah haji yang sudah tiba di Arab Saudi sebanyak 203.459 jemaah dari 540 kelompok terbang. Dan untuk jemaah yang wafat tercatat sebanyak 118 jemaah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya