Kedatangan Jemaah Haji Indonesia di Bandara Jeddah Berakhir

Jemaah haji kloter terakhir tiba di Jeddah
Sumber :
  • MCH 2023/ Romadanyl

JEDDAH – Hari ini, Sabtu 24 Juni 2023 merupakan hari terakhir kedatangan jamaah haji gelombang kedua yang tiba melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah. Para jemaah dari kloter terakhir tiba pukul 03.46 Waktu Arab Saudi (WAS).

Hadapi Panas Ekstrem, Jemaah Haji Diimbau Banyak Konsumsi Air Minum

Akhir kedatangan atau closing date ini disambut oleh Kepala Daerah Kerja Bandara, Haryanto juga Konsul Jendral Republik Indonesia, KJRI Jeddah,  Eko Hartono. Jemaah haji terakhir yang datang merupakan jemaah dari Embarkasi Batam, BTH 34, dengan jumlah 165 jemaah. 

Kepala Daker Bandara, Haryanto dan Konsul Jendral RI, di Jeddah, Eko Hartono

Photo :
  • MCH 2023/ Romadanyl
Penting, Ini Letak Penempatan Hotel Jemaah Haji Indonesia di Makkah dan Madinah

"Di terminal Haji Jeddah kami menyambut jemaah kloter terakhir dari Batam sebanyak 165 jemaah. Alhamdulillah tiba dengan selamat," kata Eko di Bandara Jeddah, Sabtu, 24 Juni 2023. 

Para jemaah yang tiba sempat istirahat sebentar lalu melanjutkan perjalanan menggunakan bus menuju Mekkah. Eko berpesan, cuaca Mekkah cukup panas bisa mencapai lebih dari 45 derajat Celcius. Diharapkan para jemaah bisa menjaga kesehatan hingga selesai pelaksanaan ibadah haji. 

6 Tips Kesehatan untuk Para Jemaah Haji Jelang Keberangkatan ke Tanah Suci

"Cuaca cukup panas mudah-mudahan mereka tidak  melakukan ibadah yang tidak perlu. Silahkan lakukan ibadah Sunnah tapi jangan berlebihan," kata Eko lagi. 

Jemaah haji kloter terakhir tiba di Jeddah

Photo :
  • MCH 2023/ Romadanyl

Saat ini kata Eko di akhir kedatangan jemaah haji reguler, total yang sudah tiba di Tanah Suci sebanyak 558 kloter dengan jumlah total jemaah 209.782 jemaah. 

Evaluasi Kedatangan 

Kepala Daerah Kerja Bandara Arab Saudi, Haryanto mengatakan, sejak proses kedatangan gelombang 1 di Bandara Internasional Ameer Mohammad Bin Abdul Aziz, Madinah hingga closing date di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, seluruh aktivitas kedatangan  berjalan lancar. Dan hari ini menjadi tanda berakhirnya seluruh aktivitas kedatangan di Bandara King Abdul Aziz ,Jeddah .

"Alhamdulillah lancar, permasalahan ada tapi itu hal yang sudah biasa terjadi, salah satunya ad 6 koper, dua di antaranya full isinya rokok," katanya.

Jemaah haji kloter terakhir tiba di Jeddah

Photo :
  • MCH 2023/ Romadanyl

Ada juga masalah yang terkait dengan visa yang bermasalah karena menggunakan visa umrah. Termasuk juga katanya ada beberapa masalah terkait paspor hilang. 

"Secara umum berjalan baik dan lancar," kata Haryanto. 

Setelah berakhirnya kedatangan para jemaah haji di Jeddah, semua aktivitas jamaah akan bergeser ke Mekkah untuk mempersiapakan prosesi Armuzna. Selanjutnya, setelah kedatangan jemaah haji ini berakhir, seluruh petugas daerah kerja bandara juga akan menuju ke Mekkah untuk mempersiapkan aktivitas di Arafah yang akan dimulai 25 Juni 2023. 

Jemaah haji kloter terakhir tiba di Jeddah

Photo :
  • MCH 2023/ Romadanyl

Kedatangan terakhir jemaah haji Indonesia di Jeddah ini bukan hanya disambut meriah oleh para petugas haji Indonesia, para petugas katering dari bandara Golden Guest serta para petugas bandara King Abdul Aziz Jeddah juga merasa senang akhirnya tugas penyambutan para jemaah selesai. 

"Indonesia khallas, Masya Allah, haji mabrur for Indonesia," kata salah seorang petugas bandara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya