Perwakilan Palestina di PBB Minta Hentikan Kekerasan Israel

Israel menghancurkan rumah warga Palestina.
Sumber :
  • Saeed Qaq - Anadolu Agency.

New York – Utusan Palestina di Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), pada Rabu 5 Juli 2023, meminta masyarakat internasional tidak "berlaku seperti biasa" setelah penyerbuan oleh Israel baru-baru ini di Kota Jenin, wilayah pendudukan di Tepi Barat, dan kamp pengungsi di dalamnya.

Penyerbuan itu menewaskan paling sedikit 12 orang warga Palestina, termasuk lima orang anak, dan melukai lebih dari 140 warga Palestina lainnya. "Ini adalah situasi yang mengerikan. Itu adalah situasi biadab oleh pasukan pendudukan Israel," kata Riyad Mansour kepada wartawan di kantor pusat PBB di New York.

"Mereka menggunakan sejumlah besar pasukan dan infantri serta satuan mekanis untuk menyerang kamp pengungsi yang kecil ini," katanya, menambahkan.

Perlu Kementerian Khusus Urus Program Makan Siang dan Susu Gratis

Ilustrasi Sidang Majelis Umum PBB

Photo :
  • VIVA/Yanri Subekti


Mansour meminta Dewan Keamanan PBB untuk memberi isyarat kepada rakyat Palestina bahwa masyarakat internasional tidak meninggalkan mereka. "Apa yang kami inginkan adalah masyarakat internasional, Dewan Keamanan...melakukan sesuatu, tidak biasa-biasa saja. Mereka harus melakukan sesuatu yang di luar kebiasaan," kata Mansour.

Militer Israel menarik pasukan dari Jenin, pada Rabu (5/7) pagi, mengakhiri operasi militer terbesarnya di kota tersebut selama lebih dari 20 tahun. Sebanyak 12 warga Palestina tewas, termasuk lima anak-anak, dan lebih dari 140 lainnya mengalami luka akibat serangan itu, menurut keterangan yang disampaikan Kementerian Kesehatan Palestina.

Serangan Israel, yang dimulai pada Senin (3/7), meninggalkan jejak kehancuran besar-besaran di seluruh kota Tepi Barat, dengan puluhan rumah, kendaraan, toko, dan jalur utilitas hancur. Juru bicara PBB Farhan Haq mengatakan skala kekerasan serangan itu terkait dengan dampaknya terhadap penduduk sipil adalah "mengkhawatirkan".

Gempa Bumi 5,2 Magnitudo Guncang Mataram dan Bali, Warga Lari Keluar: Trauma Gempa 2018
Lalu Atharifatullah Tim Pemenangan Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi

Pj Gubernur NTB Maju di Pilkada, Mendaftar Lewat Nasdem

Pj Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Gita Ariadi, resmi mendaftar melalui DPW Partai NasDem, sebagai bakal calon gubernur untuk bisa bertarung di pilkada.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024