Penyakit Misterius Warga Korea Utara, Diduga Terpapar Radiasi Nuklir

Korea utara sala satu negara berambisi pemilik nuklir terbesar
Sumber :
  • U-Report

Korea Utara – Korea Utara memang tengah gencar dengan pembuatan nuklirnya. Namun ternyata hal ini berdampak negatif pada kesehatan warganya.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Mulai dari sakit di tubuh yang tidak bisa dijelaskan, penyakit misterius, bahkan hingga harus menusuk lubang di tubuh untuk mengalirkan cairan agar seseorang yang sakit bisa bernapas. 

 

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Itulah masalah kesehatan yang melanda dua pembelot Korea Utara yang tinggal di dekat situs Punggye-ri di mana Pyongyang melakukan enam uji coba nuklir bawah tanah antara 2006 dan 2017, dan sejak itu melarikan diri ke Korea Selatan. 

 

Menlu Iran soal Senjata Pemusnah Massal: Penggunaan Nuklir Hanya untuk Tujuan Damai

Warga Korea Utara demo untuk balas dendam ke AS

Photo :
  • Al Jazeera

 

Seorang pembelot yang tinggal 27 kilometer dari lokasi pengujian nuklir di bagian timur laut negara itu mengatakan dia kehilangan anak satu-satunya karena kondisi pernapasan yang misterius. 

 

Seperti anak-anak lain di daerah itu, dia didiagnosa menderita tuberkulosis, tapi sekarang dia yakin itu akibat radiasi nuklir yang kuat. 

 

Sepertinya paru-parunya telah meleleh, kata wanita itu, meminta untuk diidentifikasi dengan nama samaran Lee Mi-young untuk alasan keamanan. “Kami menusuk lambungnya untuk mengeluarkan cairan tiga kali sehari. Nanah keluar dan akhirnya dia meninggal,” kata Lee, melansir Radio Free Asia. 

 

"Dia punya delapan teman, tetapi satu atau dua anak mulai sakit dan didiagnosis menderita TBC. Semuanya meninggal dalam kurun waktu empat tahun. Anak saya didiagnosis dengan cara yang sama," lanjutnya. 

 

Para dokter Korea Utara menjadi frustrasi ketika mereka tidak dapat menentukan bagaimana anak-anak tersebut tertular TBC, katanya. “Dokter bagian di tuberkulosis mengatakan bahwa dia tidak tahu mengapa begitu banyak anak muda yang menderita tuberkulosis di rumah sakit,” kata Lee. “Mereka tidak tahu bahwa itu karena percobaan nuklir.” 

 

 

Baru setelah dia tiba di Korea Selatan pada tahun 2016, Lee mengetahui bahwa uji coba nuklir yang pernah dia rayakan adalah yang membunuh anaknya dan mengancam nyawanya sendiri.

 

Ketika uji coba nuklir ketiga dilakukan di tahun 2013, orang-orang bersorak gembira setelah menonton siaran tersebut, katanya. “Saya bangga bahwa Korea Utara telah mengembangkan senjata nuklir untuk 'melumpuhkan Amerika'. Saya tidak menyangka hal itu akan berdampak negatif pada rakyat.” 

 

Pada bulan Februari, Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengumumkan bahwa pada bulan Mei akan mulai menguji 881 orang yang pernah tinggal di dekat Punggye-ri sebelum mereka melarikan diri dari Korea Utara. 

 

Tes tahun ini mengikuti tes putaran pertama dan kedua dari sekitar 40 orang pada tahun 2017 dan 2018. Lee termasuk di antara mereka yang diuji pada tahun 2017, dan hasilnya menunjukkan dosis 270 millisieverts, jauh di atas tingkat minimum yang menunjukkan paparan radiasi. 

 

Orang biasanya terpapar radiasi alami dengan dosis 2-3 millisieverts per tahun. Putaran pengujian pertama dan kedua mendeteksi paparan pada sembilan subjek yang diuji, salah satunya setinggi 1.386 millisieverts. 

 

Pembelot lain, dengan nama samaran Kim Hwa-young, percaya bahwa dia terpapar radiasi melalui air minum sebelum dia melarikan diri dari Korea Utara pada tahun 2014. 

 

Dia mengandalkan sumber air di daerah Kilju sepanjang hidupnya, katanya. Aliran air di kawasan yang mengisi penampungan air warga berasal dari Punggye-ri. “Semua air keran berasal dari Punggye-ri.”

 

Citra satelit dari area tersebut menunjukkan bahwa di Waduk Namsok, fasilitas yang dianggap sebagai menara intake terlihat di sisi selatan waduk. Oleh karena itu masuk akal untuk menganggap bahwa lokasi uji coba nuklir Punggye-ri, yang terletak di Gunung Mantap dan terletak di hulu, dapat menjadi sumber air minum dan air ledeng bagi penduduk di dan sekitar wilayah Kilju.

 

VIVA Militer: Citra Satelit lokasi rudal nuklir Korea Utara.

Photo :
  • CSIS

 

Air minum yang terkontaminasi dari Punggye-ri mungkin merupakan akibat dari gempa bumi yang sering terjadi di sekitar Gunung Mantap setelah setiap uji coba nuklir, kata Olli Heinonen dari Stimson Center, mantan wakil direktur jenderal Badan Energi Atom Internasional, kepada RFA. 

 

"Jika ada retakan, hujan, air dan air yang mencair dari salju sampai ke retakan ini dan kemudian melewati tempat di mana ledakan itu terjadi," katanya. "Dan akhirnya, cepat atau lambat memasuki sungai yang melewati dan kemudian (radiasi nuklir) ada di air tanah." 

 

Lee Su-gon, mantan profesor teknik sipil di Universitas Seoul, yang merupakan salah satu ahli terkemuka di bidang geologi Korea, juga menekankan bahwa kebocoran bahan radioaktif atau kontaminasi air tanah tidak dapat dihindari secara geologis karena karakteristik granit. Gunung Mantap, puncak utama di daerah tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya