WHO: Enterovirus Kini Tengah Serang Bayi di Eropa, 8 Meninggal Dunia

Ilustrasi bayi sakit.
Sumber :
  • U-Report

Eropa – WHO melaporkan, setidaknya tiga lusin kasus sepsis virus yang berbahaya dan mematikan pada bayi tengah terjadi di seluruh Eropa.

Jasad Bayi Ditemukan Dalam Tas Jinjing di Bak Mobil, Ada Surat dan Uang Rp1 Juta

Hal ini semakin meningkat karena bersamaan dengan meningkatnya sirkulasi virus serupa yang biasanya melonjak di musim panas dan awal musim gugur, yang membuat ahli penyakit menular anak di AS gelisah. 

"Kita semua berada di ujung tanduk di Amerika Serikat," kata Dr. David Kimberlin, salah satu direktur divisi penyakit menular anak di University of Alabama di Birmingham, mengutip  NBC News, Senin, 10 Juli 2023.

Dipicu Emosi, Ayah Tiri Aniaya Bayi 10 Bulan Hingga Tewas

Ilustrasi virus.

Photo :
  • Pixabay/geralt

"Semakin banyak kasus di Eropa, kami tentu semakin khawatir," kata Kimberlin. 

Heboh Penemuan Jasad Bayi Sudah Membusuk di Dalam Kaleng Biskuit

Pada hari Jumat pekan lalu, WHO mengonfirmasi bahwa setidaknya 26 bayi di Kroasia, Prancis, Italia, Spanyol, Swedia, dan Inggris telah terinfeksi jenis enterovirus langka, yang disebut echovirus-11 atau enterovirus.

Delapan dari bayi tersebut meninggal, dengan sebagian besar kematian dilaporkan ada di Prancis setelah gagal organ dan sepsis. Itu lebih dari jumlah yang diharapkan, tulis juru bicara WHO dalam email. 

"Ini dianggap tidak biasa karena kerusakan yang sangat cepat dan tingkat kematian terkait kasus di antara bayi yang terkena dampak," tulis juru bicara itu. 

Sementara beberapa dari 26 kasus echovirus-11 diidentifikasi pada awal 2022, setidaknya setengah dari kasus baru dilaporkan sejak akhir musim semi 2023. 

"Kebanyakan enterovirus menyebabkan penyakit yang sangat ringan pada anak-anak yang terinfeksi," kata Dr. Mike Ryan, direktur eksekutif program kedaruratan kesehatan Organisasi Kesehatan Dunia, dalam pengarahan.

"Tetapi dalam proporsi kecil, kami melihat penyakit bencana yang jauh lebih signifikan."

Enterovirus dapat sangat memengaruhi bayi baru lahir, yang sistem kekebalannya belum cukup matang untuk melawan infeksi. 

Tidak ada cara untuk mengetahui apakah jenis khusus ini sudah ada di AS dan bayi yang sakit. Echovirus dapat disebarkan melalui kotoran atau dengan menghirup tetesan pernapasan, dan biasanya hidup di sistem pencernaan.

Pejabat kesehatan di Inggris sebelumnya melaporkan peningkatan serupa yang tidak biasa pada miokarditis parah, atau radang jantung, di antara 10 bayi yang memiliki enterovirus lain yang disebut coxsackievirus. Setidaknya satu bayi dilaporkan meninggal. 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) tidak memiliki sistem pelaporan aktif untuk penyakit enteroviral neonatal atau enterovirus secara umum. Lebih dari 100 jenis enterovirus dapat menginfeksi manusia, menurut CDC. 

Doa untuk anak sakit

Photo :
  • pixabay

“Meskipun kami tidak melakukan pengawasan rutin terhadap enterovirus, CDC memiliki sistem pengawasan lain yang kami gunakan untuk memantau dan dengan cepat menilai sinyal wabah dan peningkatan jenis enterovirus tertentu,” ujar Dr. Janell Routh, kepala divisi virus CDC penyakit, dalam sebuah pernyataan. 

"Mengingat peredaran virus terganggu oleh pandemi Covid-19, kami tetap waspada terhadap setiap perubahan penularan enterovirus.”

Ketika lebih banyak enterovirus beredar di masyarakat, kemungkinan bayi baru lahir terinfeksi meningkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya