Kebakaran Hutan Landa Spanyol, Ribuan Warga Pulau La Palma Dievakuasi

Kebakaran hutan di Spanyol.
Sumber :
  • Xinhua.

Barcelona – Sedikitnya 4.000 orang telah dievakuasi setelah semakin mengganasnya kebakaran hutan yang melanda La Palma, sebuah pulau di wilayah Kepulauan Canaria, Spanyol, kata otoritas setempat pada Minggu 16 Juli 2023. Negara-negara Eropa kini sedang berjuang menghadapi gelombang panas.

Kebakaran tersebut terjadi mulai Sabtu (15/7) dini hari di El Pinar de Puntagorda, wilayah hutan di utara La Palma, sehingga memaksa penduduk dari berbagai desa di kota Puntagorda dan Tijarafe untuk mengungsi. Wali Kota Puntagorda, Vicente Rodriguez, mengatakan kepada stasiun televisi milik pemerintah, RTVE, bahwa wilayah tersebut mengalami curah hujan yang rendah dan suhu udara mencapai 40 celsius pekan lalu.

Kondisi serupa juga terjadi di sebagian besar daerah lain di Spanyol yang sedang dilanda kekeringan. Sebanyak 10 unit pemadam udara dan 300 petugas pemadam kebakaran di lapangan berupaya untuk mengendalikan kebakaran di pulau yang menjadi bagian dari kepulauan Spanyol di lepas pantai barat Afrika tersebut.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Kebakaran hutan di Spanyol dan Eropa akibat gelombang panas amat tinggi

Photo :
  • AP Photo/Emilio Fraile)

Dalam upaya pemadaman ini, petugas setempat dibantu oleh tentara Spanyol dan petugas dari Pulau Tenerife, yang juga merupakan bagian dari Kepulauan Canaria. Sedikitnya 13 rumah hancur akibat api yang membesar, kata kepala otoritas Kepulauan Canaria Fernando Clavijo.

“Ada penolakan dari warga setempat untuk meninggalkan rumah mereka, tetapi saya mengimbau mereka untuk bertindak bijaksana,” ujarnya.

Raja Spanyol Felipe VI menghubungi Clavijo pada Sabtu (15/7) untuk menyampaikan dukungannya terhadap penduduk La Palma, kata rumah tangga istana. Kebakaran ini telah berdampak pada lebih dari 46.500 hektare lahan, sebut otoritas setempat.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Sementara itu, di Tenerife, kebakaran hutan yang terjadi pada Sabtu membuat 50 orang harus mengungsi dan merusak 60 hektare lahan, menurut otoritas setempat.

Kebakaran hutan ini merupakan krisis bencana alam pertama yang terjadi di pulau tersebut sejak letusan gunung berapi pada September 2021. Lebih dari 2.000 bangunan hancur dan ribuan orang mengungsi akibat aliran lava dari Gunung Cumbre Vieja. Abu vulkanik tebal menutupi pulau tersebut hingga letusan berakhir tiga bulan kemudian. (Ant/Antara)

PM Spanyol Pedro Sanchez

Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mempertimbangkan untuk mengundurkan diri lantaran istrinya menghadapi penyidikan pengadilan atas tuduhan korupsi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024