Dewan Keamanan PBB Bahas Upaya Akhiri Konflik di Sudan

ilustrasi Majelis Umum PBB
Sumber :

New York – Asisten Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), pada Rabu 9 Agustus 2023, menyambut baik upaya yang sedang dijalankan oleh Uni Afrika (AU) dan blok perdagangan Otoritas Antarpemerintah untuk Pembangunan (IGAD) untuk mengakhiri konflik di Sudan.

Asisten Sekjen PBB, Martha Ama A Pobee, menegaskan bahwa Misi Bantuan Transisi Terintegrasi PBB di Sudan (UNITAMS) terus berkomitmen untuk mendukung upaya itu, termasuk melalui Mekanisme Perluasan yang dipimpin AU dan Kelompok Inti, yang merupakan bagian dari PBB.

“Kami juga menyambut baik upaya berkelanjutan dari AS dan Arab Saudi untuk memfasilitasi negosiasi antara pihak yang berkonflik di Jeddah, serta inisiatif negara tetangga Sudan untuk membantu menyelesaikan konflik tersebut," katanya.

Komisaris HAM PBB Kecam Perihal Hukum yang Mewajibkan Hijab di Iran

VIVA Militer: Milisi pemberontak Sudan, Pasukan Dukungan Cepat (RSF)

Photo :
  • alarabiya.net


Ia menyampaikan pernyataan itu dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB yang membahas situasi Sudan. Dia mengatakan Khartoum --ibu kota Sudan-- tetap menjadi pusat konflik, sementara pertempuran antar pihak terus berlanjut di Bahri, Omdurman, dan Darfur.

Ketika menyoroti penderitaan yang luar biasa yang dialami orang-orang di wilayah Darfur, dia mengatakan pertempuran di ibu kota Sudan membuka kembali luka lama atas ketegangan etnis dari konflik masa lalu di wilayah tersebut.

“Konflik di Sudan terus berdampak besar pada negara dan rakyatnya yang terus menghadapi penderitaan yang tak terbayangkan. Kebutuhan kemanusiaan dan perlindungan meningkat dari hari ke hari tanpa ada tanda-tanda penangguhan hukuman," ujar Pobee.

“Semakin lama perang ini berlanjut, semakin besar risiko perpecahan, campur tangan asing, dan erosi kedaulatan, serta hilangnya masa depan Sudan,” kata dia, memperingatkan. (Ant/Antara)

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi
Presiden terpilih Prabowo Subianto (Dok. Istimewa)

Kata Prabowo Keberlanjutan Tetap Butuh Perbaikan

Presiden RI terpilih Prabowo Subianto mengatakan, keberlanjutan yang akan diterapkan oleh pemerintahannya kelak tetap melakukan sejumlah perbaikan.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024