Surat Manis Joe Biden Untuk Jokowi, Ucapkan Selamat di Hari Kemerdekaan RI

Presiden Jokowi dan Presiden AS Joe Biden akrab saat di KTT G7
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

Washington – Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menyampaikan ucapan selamat pada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), dan pada rakyat Indonesia atas peringatan hari Kemerdekaan RI ke-78, yang jatuh pada 17 Agustus 2023. 

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Dalam ungkapannya, Biden menyebut bahwa Indonesia merupakan mitra strategis AS, dan sama-sama menganut sistem demokrasi. 

"Bapak Presiden (Jokowi) Yang Terhormat, atas nama rakyat Amerika Serikat, saya menyampaikan ucapan selamat dengan tulus kepada Anda dan rakyat Indonesia dalam rangka perayaan kemerdekaan yang ke-78," kata Biden dalam keterangan tertulisnya yang diterima VIVA, pada Rabu, 16 Agustus 2023.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Presiden RI Jokowi dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

 "Kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia memajukan prinsip demokrasi yang sama-sama kita anut dan keamanan serta kemakmuran rakyat kita," lanjutnya. 

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Dalam kesempatan yang sama, Biden juga berharap bahwa kedua negara dapat bersama-sama mendorong masa depan yang cerah dan tangguh di Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. 

"Kita bekerja sama untuk mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim dan perlindungan lingkungan. Kita memperkuat hubungan antarmasyarakat yang mendasari kemitraan kita bersama," ujarnya. 

Amerika Serikat juga memuji kepemimpinan Indonesia sebagai Ketua ASEAN dan mendukung tema ASEAN 2023, “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.”

 "Saya berharap dapat semakin memperdalam dan memperluas kerja sama dan persahabatan kita di tahun mendatang. Selamat atas hari kemerdekaan Indonesia yang menggembirakan ini," pungkas Biden.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya