Bikin Gagal Fokus, PM Timor Leste Terlihat Cium Tangan Iriana Saat Hadiri KTT ASEAN

PM Timor Leste Cium Tangan Ibu Iriana Jokowi
Sumber :
  • Sekretariat Presiden

Jakarta – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN, akan dimulai hari ini, 5 September 2023 di Jakarta. Konferensi yang dihadiri oleh para kepala negara Asia Tenggara ini akan berlangsung selama 3 hari hingga 7 September 2023 mendatang di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Jokowi: Tilapia Fish Cultivation Has Huge Global Demand

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mulai menyambut para kepala negara yang hadir. Dimulai tepat pukul 09.30 WIB, kepala negara yang hadir pertama kali tiba merupakan Perdana Menteri Laos, Sonexay Siphandone. Selanjutnya, para delegasi mulai berdatangan secara berurutan.

Dalam momen penyambutan para pemimpin negara itu, ada momen unik yang berhasil tersorot kamera, di mana Perdana Menteri Timor Leste terlihat mencium tangan Ibu Negara Iriana Jokowi saat sesi bersalaman. 

President Jokowi Ensures to Extend Export Permits for Freeport

Presiden Jokowi Hadiri HUT ke-56 ASEAN

Photo :
  • Sekretariat Presiden

PM Timor Leste, Xanana Gusmao, awalnya terlihat berjalan untuk menghampiri Jokowi dan Iriania. Setelahnya, dia bersalaman lebih dulu dengan Ibu Iriana, kemudian mencium tangannya. Hal itu sontak membuat Iriana dan Jokowi tersenyum secara bersamaan. 

9 Calon Anggota Pansel Capim KPK, 5 dari Unsur Pemerintah dan 4 Masyarakat

Di Indonesia sendiri, budaya mencium tangan merupakan simbol penghormatan bagi seseorang yang dihormati atau antarmanusia. Sementara di Indonesia, budaya cium tangan sering dikenal sebagai "salim". 

Sebagai informasi, 22 negara dan 9 organisasi akan menghadiri pertemuan blok itu di Jakarta. Dari jumlah tersebut, Timor Leste juga merupakan bagian yang akan menghadiri KTT ASEAN. 

Sementara itu, negara mitra di luar Asia Tenggara yang hadir terdiri dari Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, Kanada, Selandia Baru, China, Rusia, India, dan Australia. Tidak hanya pertemuan dari negara ASEAN dan negara Mitra, nantinya, Presiden Jokowi juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa pemimpin negara seperti China, Jepang, Kanada, hingga Korsel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya