Mesir Larang para Siswi Sekolah Menggunakan Niqab atau Cadar

Siswi menggunakan niqab atau cadar di Mesir
Sumber :
  • Africa News

VIVA Dunia – Kementerian Pendidikan Mesir telah melarang penggunaan cadar di sekolah umum dan sekolah negeri, sebuah keputusan yang memicu perdebatan sepanjang pekan ini di media sosial di negara Arab yang paling padat penduduknya tersebut.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Pada awal pekan, surat kabar pemerintah Akhbar al-Youm menerbitkan keputusan baru tentang seragam sekolah, yang melarang siswa sekolah dasar dan menengah untuk “menutup wajah mereka”. Keputusan tersebut menyatakan bahwa jilbab adalah "opsional", tergantung pada "keinginan murid, tanpa tekanan atau paksaan dari siapa pun selain wali sah, yang harus diberitahu tentang pilihan ini".

Meski mayoritas perempuan Mesir mengenakan jilbab, niqab tetap menjadi minoritas di negara berpenduduk mayoritas Muslim ini. “Segala bentuk penutup rambut yang bertentangan dengan kondisi wajah terlihat tidak dapat diterima dan penutup rambut harus sesuai dengan warna yang dipilih oleh kementerian dan direktorat pendidikan setempat,” ujar Menteri Pendidikan Reda Hegazy, melansir Africa News, Rabu, 13 September 2023.

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

Siswi menggunakan niqab atau cadar di Mesir

Photo :
  • Africa News

Keputusan tersebut berlaku mulai tahun ajaran yang dimulai tanggal 30 September dan berlanjut hingga tanggal 8 Juni 2024.

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Warga Mesir, yang berbicara kepada Al Jazeera tanpa menyebut nama, menyatakan pendapat yang beragam mengenai larangan tersebut. M A, seorang manajer pemasaran berusia 33 tahun dari Alexandria, mengatakan dia menentang penggunaan niqab di sekolah karena hal itu mengaburkan proses pendidikan yang seharusnya “transparan”.

“Apa pun yang menghalangi guru dalam membaca bahasa tubuh dan ekspresi wajah siswa dengan benar agar dapat membantu atau menunjukkan perhatian yang diperlukan tidak boleh diizinkan di sekolah,” katanya.

M M yang juga menyetujui larangan pemerintah mengatakan penerapan keputusan ini perlu dilakukan dari sudut pandang keamanan. “Otoritas sekolah harus bisa mengidentifikasi orang-orang yang masuk dan keluar sekolah,” kata arsitek berusia 38 tahun, yang juga berasal dari Alexandria. Dia mengatakan siswa yang mengenakan niqab sebagian besar diasingkan di sekolah, baik di sekolah campuran maupun sekolah terpisah.

Menurut pernyataan menteri, seorang siswa harus membuat keputusan untuk menutupi rambutnya “berdasarkan keinginan pribadinya tanpa tekanan atau paksaan apa pun dari orang atau entitas lain selain orang tuanya”, yang jelas mengacu pada kelompok agama setempat.

Pernyataan tersebut mengatakan orang tua harus diberitahu tentang pilihan putri mereka dan menambahkan bahwa pihak berwenang akan memverifikasi pengetahuan wali tentang pilihan siswa tersebut mengenai masalah tersebut.

Sudah lama terjadi diskusi sengit di masyarakat Mesir mengenai penggunaan niqab di ruang publik dan lembaga pendidikan. Berbagai institusi pendidikan di Mesir secara otonom memberlakukan larangan niqab.

Pada tahun 2015, Universitas Kairo memberlakukan larangan niqab bagi stafnya, yang kemudian ditegakkan oleh pengadilan Mesir pada tahun 2016 dan 2020 meskipun ada upaya banding. Proposal larangan niqab yang diperkenalkan di parlemen Mesir dalam beberapa tahun terakhir ditarik atau ditolak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya