Hubungan Makin Mesra, Kim Jong Un Gantian Undang Putin Kunjungi Korut

Kebersamaan Vladimir Putin dan Kim Jong Un
Sumber :

Moskow – Presiden Rusia Vladimir Putin menerima undangan resmi untuk mengunjungi Korea Utara. Undangan itu secara langsung disampaikan oleh Kim Jong Un, pada hari Kamis, 14 September 2023.

Vladimir Putin Starts New Six-Year Term as Russian President

"Di akhir pertemuan antara keduanya di Rusia pada hari Rabu, Kim Jong Un dengan sopan mengundang Putin untuk mengunjungi DPRK pada waktu yang tepat," menurut media resmi pemerintah Korut, dikutip dari New Straits Times, Kamis, 14 September 2023.

Putin menerima undangan tersebut dengan senang hati dan menegaskan kembali keinginannya untuk selalu meneruskan sejarah dan tradisi persahabatan Rusia-DPRK.

Presiden Vladimir Putin Dapat Mobil Baru Super Canggih

Kebersamaan Vladimir Putin dan Kim Jong Un

Photo :
  • DW

Kim juga mengatakan kepada Putin pada hari Rabu bahwa dia yakin Rusia akan meraih kemenangan besar atas musuh-musuhnya, ketika sekutu Barat Ukraina memperingatkan kemungkinan perjanjian senjata Rusia dengan Korea Utara. Rusia memang menjadi negara paria di Barat setelah melancarkan permusuhan besar-besaran di Ukraina tahun lalu dan berupaya memperkuat aliansi dengan para pemimpin lain yang dikucilkan oleh negara-negara demokratis.

Ahli Propaganda Terkenal di Korut Kim Ki Nam Meninggal Dunia

Sebaliknya, dalam pertemuan itu Putin memuji penguatan kerja sama dan persahabatan antara kedua negara. Saat menjamu Kim di pelabuhan antariksa Timur, Putin mengatakan kepada wartawan bahwa dia melihat kemungkinan untuk kerja sama militer dengan Korea Utara.

Dia juga sebelumnya mengatakan Moskow dapat membantu Pyongyang membangun satelit.

Sementara itu, di Washington, juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller menggambarkan kerja sama antara Korut dan Rusia dinilai sangat meresahkan. "Ini berpotensi melanggar berbagai resolusi Dewan Keamanan PBB," ujarnya.

Para pejabat dan pakar AS mengatakan Rusia tertarik membeli amunisi Korea Utara untuk digunakan di Ukraina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya