Ngeri, Rudal Jelajah Storm Shadow Buatan Inggris Gempur Kapal Selam Rusia

VIVA Militer: Rudal jelajah Storm Shadow
Sumber :
  • telegraph.co.uk

Krimea – Ukraina pada Rabu, 13 September 2023 menggunakan rudal jelajah Storm Shadow buatan Inggris dalam serangan masif di markas besar Armada Rusia di Laut Hitam, tepatnya di wilayah Krimea. Misl rudal itu menggempur kapal selam dan kapal perang Rusia.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Dilansir dari Sky News, Kamis, 14 September 2023, serangan yang menghantam kapal selam Moskow ini menjadi yang pertama sepanjang perang Rusia-Ukraina, yang sudah dimulai sejak 24 Februari 2022.

VIVA Militer: Bangkai rudal jelajah Storm Shadow buatan Inggris

Photo :
  • thedrive.com
Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Sumber Ukraina dan Barat mengatakan bahwa rudal jelajah Storm Shadow Inggris telah digunakan dalam serangan ini. "Itu adalah Storm Shadow," kata salah satu sumber kepada Sky News.

Gambar-gambar serangan yang diunggah di media sosial menunjukkan ledakan dan kobaran api membakar galangan kapal saat langit masih gelap pada Rabu dini hari.Pihak Rusia mengatakan 10 rudal jelajah ditembakkan ke fasilitas militer tersebut, dan tujuh di antaranya ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara.

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

Disebutkan juga bahwa serangan yang dilakukan oleh tiga kapal tak berawak juga berhasil digagalkan. Ukraina mengonfirmasi bahwa serangan tersebut menyerang target-target Angkatan Laut Rusia dan infrastruktur pelabuhan di kota Sevastopol, Krimea. Namun militer Kyiv belum secara resmi mengungkap taktik serangan besar tersebut.

Kepala Angkatan Udara kapal Ukraina, Letnan Jenderal Mykola Oleschuk, mengunggah gambar galangan yang terbakar di media sosial dengan keterangan: "Sementara para penumpang mengalami masa-masa sulit di Sevastopol, mari berterima kasih kepada Angkatan Udara Ukraina atas pekerjaan cemerlang mereka."

Inggris memberikan rudal Storm Shadow kepada Angkatan Bersenjata Ukraina pada awal tahun ini. Senjata tersebut mampu ditembakkan oleh pesawat Ukraina dengan jangkauan lebih dari 150 mil. Prancis juga memasok rudal sejenis ke militer Ukraina

Sementara itu, kementerian Pertahanan Inggris belum memberikan komentar atas serangan rudal jelajah Storm Shadow oleh Ukraina.

VIVA Militer: Rudal jelajah Storm Shadow

Photo :
  • raf.mod.uk

Laksamana Sir Ben Key, kepala Angkatan Laut Kerajaan Inggris, ditanya tentang serangan di Sevastopol saat berbicara di pameran senjata di London. Ia enggan berbicara secara spesifik. “(Ukraina) menunjukkan apa yang dapat dilakukan melalui proses pemikiran inovatif, dan kemauan untuk mengambil risiko,” katanya.

Perlu diketahui, Galangan kapal strategis di semenanjung Krimea, yang dianeksasi Rusia dari Ukraina pada tahun 2014, membangun dan memperbaiki permukaan kapal dan kapal selam Armada Laut Hitam Rusia. Armada tersebut telah melancarkan banyak serangan drone dan rudal ke Ukraina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya