Tak Biasa, Ini Hadiah yang Diberikan Vladimir Putin dan Kim Jong Un Saat Saling Bertukar Kado

Kebersamaan Vladimir Putin dan Kim Jong Un
Sumber :

Moskow – Presiden Rusia Vladimir Putin, dan pemimpin Korea Utara dan Kim Jong Un saling menghadiahkan senapan ketika mereka bertemu di pusat ruang angkasa di Russia Week, kata Kremlin. Putin juga menghadiahkan rekannya dari Pyongyang sebuah sarung tangan dari pakaian luar angkasa kosmonot.

Daftar Pemimpin Negara yang Menjadi Buronan LCC, Terbaru dan Terlengkap!

Dalam perjalanan dengan kereta lapis baja dari Korea Utara, Kim bertemu dengan Putin pada hari Rabu di Kosmodrom Vostochny di wilayah Amur di Timur Jauh Rusia, di mana kedua pemimpin saling menyapa dengan hangat dengan jabat tangan selama 40 detik, dengan senyuman sumringah.

Ketika ditanya apakah keduanya telah bertukar hadiah, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa Putin memberi Kim senapan berkualitas tinggi buatan Rusia dan sarung tangan dari pakaian antariksa “yang telah berada di luar angkasa beberapa kali”, menurut laporan Al Jazeera, Jumat, 15 September 2023.

Shoigu, Menteri Pertahanan yang Dibela oleh Putin, Akhirnya Dicopot dari Jabatannya

Kebersamaan Vladimir Putin dan Kim Jong Un

Photo :

Sebagai imbalannya, Kim memberi Putin senjata buatan Korea Utara, di antara hadiah lainnya, kata Peskov.

Vladimir Putin Starts New Six-Year Term as Russian President

“Presiden Rusia memberi (Kim) senapan produksi kami dengan kualitas terbaik. Sebagai imbalannya, dia juga menerima senapan buatan Korea Utara,” kata Peskov.

Diketahui, Putin sangat tertarik dengan kehidupan luar ruangan dan berburu, ia mengunggah banyak foto dirinya selama bertahun-tahun melakukan aktivitas luar ruangan di pedesaan Rusia bersama para pejabat senior lainnya.

Moskow juga mengkonfirmasi bahwa Putin “dengan senang hati menerima undangan Kim” untuk mengunjungi ibu kota Korea Utara, Pyongyang, yang sebelumnya diumumkan oleh televisi pemerintah Korea Utara.

Peskov mengatakan Moskow pertama-tama akan “segera bersiap” untuk mengirim Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov ke Pyongyang, dengan perjalanannya diperkirakan pada bulan Oktober, sebelum kunjungan Putin dapat diatur.

Ini akan menjadi perjalanan kedua Putin ke Korea Utara. Dia terakhir berkunjung pada Juli 2000 untuk bertemu mendiang ayah Kim, Kim Jong-il, hanya beberapa bulan setelah terpilih menjadi presiden. Kim terakhir kali mengunjungi Rusia pada tahun 2019.

Meskipun Putin kembali ke Moskow setelah pertemuan mereka pada hari Rabu, kunjungan Kim diperkirakan akan berlanjut selama beberapa hari lagi, kata Kremlin.

Pada hari Jumat, Kim tiba di kota Komsomolsk-on-Amur di Timur Jauh Rusia untuk mengunjungi fasilitas tempat pembuatan jet tempur Rusia. Kim bertemu dengan gubernur regional dan pejabat lainnya di karpet merah di stasiun kereta api kota. Dia kemudian dibawa ke Pabrik Pesawat Komsomolsk-on-Amur, yang memproduksi pesawat tempur paling modern Rusia, termasuk Su-35 dan Su-57, kata TASS.

Kantor berita Rusia RIA Novosti menerbitkan sebuah video yang menunjukkan kereta lapis baja Kim berhenti di stasiun Komsomolsk-on-Amur ketika para pejabat Korea Utara menunggu di jalan yang dibangun khusus dan karpet merah. Tak lama kemudian, konvoinya keluar dari stasiun untuk mengunjungi pabrik pesawat.

Putin mengatakan kepada TV pemerintah Rusia sebelumnya bahwa Kim juga akan melakukan perjalanan ke Vladivostok untuk melihat armada Pasifik Rusia, sebuah universitas, dan fasilitas lainnya.

Di Korea Utara, media pemerintah memuji pertemuan puncak Kim dengan Putin sebagai pertemuan “bersejarah”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya