Joe Biden Samakan Vladimir Putin dengan Hamas

Presiden Amerika Serikat Joe Biden (AP Photo/Manuel Balce Ceneta)
Sumber :
  • AP Photo/Manuel Balce Ceneta

VIVA Dunia – Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan dia akan meminta Kongres memberikan lebih banyak dana untuk mendukung Israel dan Ukraina, dan menegaskan dalam pidatonya yang berapi-api bahwa kedua negara itu sedang memerangi musuh-musuh demokrasi. 

Universitas Oxford hingga Cambridge Bergabung dalam Aksi Pro-Palestina

Berbicara kepada warga Amerika dari Oval Office di White House, Biden berusaha menghubungkan antara tindakan Hamas di Israel dan tindakan Presiden Rusia Vladimir Putin yang mengirim pasukannya ke Ukraina untuk invasi skala penuh pada Februari 2022. 

Joe Biden menyamakan Hamas dengan Putin. 

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

VIVA Militer: Presiden Rusia, Vladimir Putin

Photo :
  • aljazeera.com

Ia berkata bahwa Hamas dan Vladimir Putin sama-sama ingin "memusnahkan" negara-negara demokrasi tetangganya dalam pidato 

2 Militer Israel Tewas usai Kena Serangan Rudal Hizbullah

"Jika agresi internasional dibiarkan terus berlanjut, konflik dan kekacauan bisa menyebar ke belahan dunia lain,” katanya. “Hamas dan Putin mewakili ancaman yang berbeda, namun mereka memiliki kesamaan. Mereka berdua ingin sepenuhnya memusnahkan demokrasi di negara tetangga,” melansir Al Jazeera, Jumat, 20 Oktober 2023.

Dia menambahkan bahwa memastikan keberhasilan Israel dan Ukraina sangat penting bagi keamanan nasional Amerika dan dia akan mengajukan permintaan anggaran mendesak sebesar miliaran dolar ke Kongres pada hari Jumat. 

Proposal tersebut mencakup dana untuk Ukraina, Israel, Taiwan, bantuan kemanusiaan dan pengelolaan perbatasan.

"Ini adalah investasi cerdas yang akan memberikan keuntungan bagi keamanan Amerika selama beberapa generasi,” katanya.

Ini adalah kedua kalinya Biden memberikan pidato seperti itu, yang pertama adalah saat merayakan disahkannya RUU plafon utang pada bulan Juni.

Ia berharap dengan menggabungkan semua permasalahan ini ke dalam satu undang-undang akan menciptakan dukungan politik yang diperlukan untuk mendapatkan persetujuan Kongres. 

Pidatonya disampaikan sehari setelah kunjungannya ke Israel, di mana ia menunjukkan solidaritas terhadap negara tersebut dalam pertempuran melawan Hamas dan mendorong lebih banyak bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina di Jalur Gaza. 

Ia melanjutkan dengan menjelaskan alasan keterlibatan AS di kalangan warga Amerika biasa, dengan mengatakan bahwa ada yang bertanya, "Mengapa penting bagi Amerika" jika AS mendukung perang tersebut? “Saya tahu konflik-konflik ini sepertinya masih jauh,” katanya. 

Namun dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa musuh-musuh Amerika sedang mengamati bagaimana kedua konflik tersebut terjadi dan dapat menimbulkan masalah di tempat lain di dunia tergantung pada hasilnya. 

Meski sebagian besar membela Israel, tak sedikit warga AS yg marah pada Biden karena pembelaan yang tampak “timpang”. Banyak warga yang menyerukan kemarahan di X (sebelumnya Twitter) berkat bahwa Presiden mereka tersebut menjadi kompor yang membuat keadaan semakin memanas.

“Ayolab presiden Joe Biden, tak perlu pencampuri urusan negara lain. Kamu terlalu terlihat membela Israel,” tulis netizen di X. Tak sedikit pula yang merasa Biden terlalu menghamburkan uang untum Israel, sementara negara mereka juga tak terlalu baik. “Joe, ingat, negara kita sudah terlalu banyak menghamburkan uang,” 

Konflik di Gaza meletus pada 7 Oktober, ketika Hamas melancarkan serangan mendadak terhadap Israel, menewaskan lebih dari 1.400 orang dan menawan puluhan orang.

VIVA Militer: Kelompok Hamas Palestina merebut tank Merkava militer Israel

Photo :
  • aljazeera.com

Setidaknya 3.785 warga Palestina telah tewas dalam kampanye pemboman tersebut. Biden menuduh Hamas melakukan “kejahatan murni” terhadap dunia, dan menekankan bahwa “tidak ada prioritas yang lebih tinggi” baginya sebagai presiden selain memulangkan warga AS yang ditahan oleh kelompok bersenjata tersebut. 

Sambil memperjelas dukungannya terhadap Israel, Biden mengatakan dia “patah hati” atas “kehilangan tragis” nyawa warga Palestina dan bahwa dia telah berbicara dengan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas untuk menegaskan kembali bahwa AS tetap “berkomitmen terhadap hak martabat rakyat Palestina dan hak untuk menentukan nasib sendiri”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya