Hamas Bebaskan 2 Sandera Warga Negara AS Berkat Campur Tangan Qatar

Dua warga negara AS yang disandera Hamas akhirnya dibebaskan, Jumat, 20 Oktober
Sumber :
  • Government of Israel via AP Photo

Israel – Hamas pada hari Jumat, 20 Oktober 2023, membebaskan seorang wanita Amerika Serikat (AS) dan putrinya yang masih remaja yang disandera di Gaza, menurut otoritas  Israel. Ini merupakan pembebasan pertama dari sekitar 200 orang yang diculik kelompok militan tersebut dari Israel selama serangan mereka pada 7 Oktober.

Di Depan Putra Mahkota Arab Saudi, Anwar Ibrahim Singgung Konsisten Negara Islam Bela Palestina

Judith Raanan dan putrinya yang berusia 17 tahun, Natalie, dibebaskan Hamas dan telah keluar dari Jalur Gaza dan berada di tangan militer Israel, kata juru bicara militer. 

Hamas mengatakan pihaknya membebaskan mereka karena alasan kemanusiaan berdasarkan perjanjian dengan pemerintah Qatar, seperti dilansir AP News, Sabtu, 21 Oktober 2023.

Menteri Israel Ancam Kudeta Netanyahu Jika Tidak Ada Kesepakatan Pembebasan Sandera

Pembebasan ini terjadi di tengah meningkatnya ekspektasi akan serangan darat yang menurut Israel bertujuan untuk membasmi militan Hamas yang menguasai Gaza. 

Brigade Al-Qassam, Sayap Militer Hamas Palestina

Photo :
  • AP Photo
Terpilih Kembali Jadi Wakil Presiden Liga Parlemen Dunia untuk Palestina, Fadli Zon: Ini Tugas Mulia

Israel mengatakan pada hari Jumat bahwa pihaknya tidak berencana untuk mengambil kendali jangka panjang atas wilayah Gaza, yang dihuni sekitar 2,3 juta orang.

Judith dan Natalie Ranaan disandera Hamas yang tinggal di pinggiran kota Chicago, sedang berada di Israel untuk merayakan hari raya Yahudi, kata keluarga tersebut. 

Mereka berada di kibbutz Nahal Oz, dekat Gaza, pada 7 Oktober, ketika Hamas dan militan lainnya menyerbu kota-kota di Israel selatan, menewaskan ratusan orang dan menculik 203 lainnya.

Keluarga tersebut tidak mendengar kabar apa pun dari mereka sejak serangan itu, dan kemudian diberitahu oleh pejabat AS dan Israel bahwa mereka ditahan di Gaza, kata saudara laki-laki Natalie, Ben.

Presiden AS Joe Biden berbicara dengan dua sandera yang dibebaskan dan kerabat mereka. Komite Palang Merah Internasional, yang mengangkut warga Amerika yang dibebaskan dari Gaza ke Israel, mengatakan pembebasan mereka adalah “secercah harapan.”

Kerabat para tawanan lainnya menyambut baik pembebasan tersebut dan meminta lebih banyak orang untuk dibebaskan.

Hamas mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka bekerja dengan mediator untuk membebaskan sandera jika keadaan keamanan memungkinkan. Kelompok itu menambahkan bahwa mereka berkomitmen terhadap upaya mediasi oleh Mesir, Qatar dan negara-negara lain.

Tentara militer Israel bersiaga di perbatasan Gaza

Photo :
  • AP Photo/Ohad Zwigenberg

Qatar mengatakan akan melanjutkan dialognya dengan Israel dan Hamas dengan harapan bisa memenangkan pembebasan semua sandera “dengan tujuan utama meredakan krisis saat ini dan memulihkan perdamaian.”

Juru bicara militer Israel Laksamana Muda Daniel Hagari mengatakan Israel terus berupaya mengembalikan sandera dan menemukan orang hilang, dan tujuan mereka untuk menghancurkan Hamas tidak berubah. 

"Kami melanjutkan perang melawan Hamas dan siap untuk tahap perang selanjutnya," katanya.

Potensi serangan darat Israel kemungkinan besar akan menyebabkan peningkatan korban jiwa yang dramatis di kedua belah pihak dalam pertempuran perkotaan. 

Lebih dari 1.400 orang di Israel tewas dalam perang tersebut – sebagian besar warga sipil terbunuh dalam serangan Hamas. Sedangkan lebih dari 4.100 orang telah terbunuh di Gaza, menurut Kementerian Kesehatan yang dijalankan oleh Hamas. 

Jumlah tersebut termasuk jumlah orang yang tewas dalam ledakan rumah sakit awal pekan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya