10 Negara Terbaik yang Cocok Buat WFH dengan Aman dan Efisien

Ilustrasi bekerja.
Sumber :
  • Pixabay/hamonazaryan1

Jakarta – Pandemi COVID-19 telah mengubah cara kita bekerja. Banyak dari kita telah mencoba bekerja dari rumah atau dikenal sebagai work from home (WFH) atau tempat lain yang jauh dari kantor. Bagi sebagian orang, bekerja dari jarak jauh adalah pilihan yang lebih disukai daripada kembali ke kantor.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Saat kamu berpikir tentang tempat kerja baru yang mungkin kamu kunjungi, ada daftar peringkat yang mencantumkan negara-negara terbaik untuk WFH dengan nyaman dan aman. 

ilustrasi bekerja

Photo :
  • freepik/Drazen Zigic
Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

NordLayer, perusahaan keamanan siber, telah merilis Global Remote Work Index (GRWI) untuk kedua kalinya. Apa itu GRWI? Ini adalah cara untuk menentukan negara-negara yang paling baik, dan yang paling tidak baik untuk bekerja dari jarak jauh atau WFH. Mereka menggunakan empat hal sebagai penilaiannya, yaitu keamanan online, ekonomi, infrastruktur digital dan fisik, serta keamanan sosial.

Dilansir dari India Times, menurut GRWI tahun 2023, Denmark adalah negara terbaik untuk bekerja dari jarak jauh. Mereka sangat baik dalam sebagian besar kriteria, meskipun keamanan online mereka peringkat ke-13. Slovakia, Estonia, dan Lithuania adalah tiga negara teratas dalam hal keamanan online.

Program Nasional K3 2024-2029 Diluncurkan, Menaker Ida Sebut Agar Maksimal Genjot Pembangunan

Ilustrasi bekerja di laptop.

Photo :
  • Pixabay

Belanda dan Jerman menempati peringkat kedua dan ketiga dalam daftar ini. Tetapi ada negara lain yang juga bagus untuk WFH, seperti Spanyol dan Swedia. Namun, Swedia tidak begitu unggul dalam hal keamanan sosial, seperti hak asasi manusia, inklusi, dan kejahatan. Mereka menempati peringkat ke-15 dalam hal tersebut.

Prancis ada di peringkat ke-15 secara keseluruhan. Meskipun mungkin tidak menjadi yang terbaik untuk pekerja jarak jauh, Prancis menawarkan infrastruktur digital dan fisik yang kuat serta keamanan sosial yang baik. Namun, bahasa Inggris tidak begitu umum digunakan di Prancis seperti di negara-negara lain yang peringkatnya tinggi.

Menurut NordLayer, negara-negara Eropa mendominasi 10 besar negara terbaik untuk bekerja dari jarak jauh. Kanada menempati peringkat ke-14, dan Amerika Serikat ada di peringkat ke-16. Jadi, jika kamu mencari destinasi kerja baru, kamu sekarang memiliki beberapa pilihan. 

Berikut daftar 10 negara terbaik yang cocok untuk WFH: 

1. Denmark

2. Belanda

3. Jerman

4. Spanyol

5. Swedia

6. Portugal

7. Estonia

8. Lithuania

9. Irlandia

10. Slovakia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya