Geruduk Rumah, Warga Israel Tuntut PM Benjamin Netanyahu Dipenjara

Demonstran di luar rumah PM Israel Benjamin Netanyahui
Sumber :
  • TOI

VIVA Dunia – Ribuan orang turun ke jalan di Israel ketika tekanan meningkat terhadap Perdana Menteri Benjamin Netanyahu atas kurangnya kesiapan pemerintahnya menghadapi serangan tanggal 7 Oktober 2023 oleh kelompok Palestina Hamas dan penanganannya terhadap krisis tawanan yang terjadi kemudian.

Irish Bella Ungkap Sosok Pengganti Ammar Zoni yang Selalu Ada untuk Anak-anaknya

Polisi menahan ratusan pengunjuk rasa di luar kediaman Netanyahu pada hari Sabtu pekan lalu. Sambil mengibarkan bendera Israel berwarna biru dan putih dan meneriakkan “Penjara sekarang!”, ratusan massa menerobos penghalang polisi di sekitar kediaman Netanyahu yang berada ddi Yerusalem.

Protes tersebut, yang bertepatan dengan keluarnya jajak pendapat nasional yang menunjukkan lebih dari tiga perempat warga Israel menuntut Netanyahu harus mengundurkan diri, menggarisbawahi meningkatnya kemarahan publik terhadap para pemimpin politik dan keamanan mereka.

Desak MA Ganti Hakim Rahmi Mulyati, Karyawan PT PRLI Beberkan Alasannya

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam Sidang ke-78 Majelis Umum PBB di New York, AS.

Photo :
  • ANTARA/HO-UN Photo.

Netanyahu sejauh ini belum menerima tanggung jawab pribadi atas kegagalan serangan mendadak yang menyebabkan ratusan pejuang Hamas menyerbu Israel selatan pada 7 Oktober 2023, menewaskan lebih dari 1.400 orang dan menawan sedikitnya 240 orang, melansir Al Jazeera, Senin 6 November 2023.

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

Perang yang dilancarkan Israel di Gaza sejauh ini telah menewaskan lebih dari 9.400 warga Palestina, kebanyakan dari mereka adalah wanita dan anak-anak, dan menjadikan sebagian besar wilayah kantong yang terkepung itu menjadi puing-puing.

Kemarahan masyarakat di Israel semakin meningkat, dan banyak keluarga para tawanan yang ditahan di Gaza sangat kritis terhadap tanggapan pemerintah dan menyerukan agar kerabat mereka dibawa pulang.

Di Tel Aviv, ribuan orang berdemonstrasi, mengibarkan bendera dan memegang foto beberapa tawanan di Gaza dan poster-poster dengan slogan-slogan seperti "Bebaskan para sandera sekarang bagaimanapun caranya" sementara massa meneriakkan, "bawa mereka pulang sekarang".

Bahkan sebelum perang, Netanyahu telah menjadi tokoh yang memecah belah, memerangi tuduhan korupsi, yang ia bantah, dan mendorong rencana untuk mengekang kekuasaan peradilan yang menyebabkan ratusan ribu orang turun ke jalan untuk melakukan protes.

Demonstran di luar rumah PM Israel Benjamin Netanyahui

Photo :
  • TOI

Pada hari Sabtu, jajak pendapat yang dilakukan oleh Channel 13 Television Israel menunjukkan bahwa 76 persen warga Israel berpendapat bahwa Netanyahu, yang kini menjabat perdana menteri untuk keenam kalinya, harus mengundurkan diri dan 64 persen mengatakan negara tersebut harus mengadakan pemilu segera setelah perang.

Ketika ditanya siapa yang paling bersalah atas serangan berdarah itu, 44 persen warga Israel menyalahkan Netanyahu, sementara 33 persen menyalahkan kepala staf militer dan pejabat senior Angkatan Pertahanan Israel dan 5 persen menyalahkan menteri pertahanan, menurut jajak pendapat tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya