Israel Setuju Berlakukan Jeda Kemanusiaan di Gaza Selama 4 Jam Setiap Hari

Serangan rudal Israel menghancurkan wilayah Utara Jalur Gaza
Sumber :
  • AP Photo/Mohammed Dahman

Yerusalem – Israel setuju untuk memberlakukan jeda kemanusiaan selama empat jam setiap hari saat perang melawan Hamas di Gaza utara, kata Gedung Putih pada Kamis, 9 November 2023. Presiden Joe Biden telah mendesak Israel untuk menghentikan pertempuran selama beberapa hari dalam upaya untuk membebaskan sandera yang disandera oleh kelompok militan Hamas.

Universitas Oxford hingga Cambridge Bergabung dalam Aksi Pro-Palestina

Biden telah meminta Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, untuk melakukan jeda harian selama panggilan telepon pada hari Senin, dan mengatakan dia juga telah meminta Israel untuk jeda kemanusiaan setidaknya tiga hari untuk memungkinkan negosiasi mengenai pembebasan beberapa sandera yang ditahan oleh Hamas.

“Ya, Saya telah meminta jeda lebih lama lagi untuk beberapa di antaranya,” kata Biden ketika ditanya apakah dia telah meminta jeda tiga hari dari Israel, melansir AP

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

VIVA Militer: Presiden Amerika Serikat, Joe Biden

Photo :
  • middleeastmonitor.com

Dia menambahkan “membutuhkan waktu lebih lama” daripada yang dia harapkan agar Israel menyetujui jeda kemanusiaan tersebut. Dia juga mengatakan bahwa “tidak ada kemungkinan” untuk melakukan gencatan senjata resmi saat ini.

2 Militer Israel Tewas usai Kena Serangan Rudal Hizbullah

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional, John Kirby, mengatakan bahwa jeda kemanusiaan harian akan diumumkan pada hari Kamis, dan bahwa Israel telah berkomitmen akan mengumumkan pemberlakuan jeda empat jam setidaknya tiga jam sebelumnya setiap hari.

Israel, katanya, juga membuka koridor kedua bagi warga sipil untuk melarikan diri dari daerah yang menjadi fokus kampanye militernya melawan Hamas, dengan jalan pesisir yang menghubungkan jalan raya utama utara-selatan di wilayah tersebut.

Perang di Gaza dimulai pada 7 Oktober ketika pejuang Hamas menyerbu pagar yang mengelilingi Gaza, yang menurut Israel telah membunuh 1.400 warga Israel dan menculik lebih dari 200 orang. Sejak itu, Israel tanpa henti membombardir Gaza yang dikuasai Hamas dan rumah dari 2,3 juta penduduk. 

Serangan rudal Israel menghancurkan wilayah Jabaliya, Gaza, Palestina

Photo :
  • AP Photo/Abdul Qader Sabbah

Pemerintah Gaza mengatakan serangan Israel telah menewaskan lebih dari 10.000 orang yang 40 persen di antaranya anak-anak. Kementerian Dalam Negeri Gaza mengungkapkan 900.000 warga Palestina masih berlindung di Gaza utara, termasuk Kota Gaza.

Kirby juga mengatakan bahwa gencatan senjata antara Israel dan kelompok perlawanan Palestina, Hamas, tidak diperlukan. Karena gencatan senjata, kata dia, akan membantu Hamas dan "melegitimasi apa yang mereka lakukan pada 7 Oktober".

"Kami tidak akan menerima hal itu untuk saat ini," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya