AS Lancarkan Serangan ke Pasukan Iran di Suriah

VIVA Militer: Pasukan militer Amerika Serikat (US Armed Forces) di Suriah
Sumber :
  • Inyarwanda.com

Suriah – Amerika Serikat (AS) melakukan serangan terhadap dua lokasi yang terkait dengan pasukan Iran di Suriah, pada Minggu, 12 November 2023. Serangan itu dilakukan sebagai tanggapan atas serangan terhadap personel Amerika, menurut Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin.

Israel Bombardir Rafah, Peringatan AS Diabaikan

Ini adalah ketiga kalinya dalam waktu kurang dari tiga minggu militer AS menargetkan lokasi di Suriah, yang dikatakan terkait dengan Iran, yang mendukung berbagai kelompok bersenjata. AS juga menuduh Iran bertanggung jawab atas meningkatnya serangan terhadap pasukannya di Timur Tengah.

“Pasukan militer AS melakukan serangan presisi hari ini terhadap fasilitas di Suriah timur, yang digunakan oleh Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran dan kelompok yang berafiliasi dengan Iran sebagai tanggapan atas serangan berkelanjutan terhadap personel AS di Irak dan Suriah,” kata Austin dalam sebuah pernyataan.

Heboh Israel Grebek Kantor Al Jazeera di Nazareth, Sejumlah Peralatan Disita

VIVA Militer: Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd Austin

Photo :
  • kcbd.com

"Serangan tersebut dilakukan terhadap fasilitas pelatihan dan rumah persembunyian di dekat kota Albu Kamal dan Mayadeen,” sambungnya, dikutip dari Arab News, Senin, 13 November 2023.

Netanyahu Tidak Takut Soal Ancaman AS Mengenai Pasokan Senjata

Washington diketahui menargetkan tempat penyimpanan senjata yang terkait dengan Teheran di Suriah, pada pekan lalu, dan juga menyerang dua fasilitas di negara tersebut pada 26 Oktober 2023, yang digunakan oleh Iran dan organisasi afiliasinya.

AS juga membeberkan serangkaian serangan tersebut merupakan respons terhadap serangan berulang terhadap pasukan Amerika di Irak dan Suriah, lebih dari 45 serangan sejak 17 Oktober, yang telah melukai puluhan personel AS.

Meningkatnya serangan terhadap pasukan AS dalam beberapa pekan terakhir ini terkait dengan perang antara Israel dan Hamas, yang dimulai ketika kelompok militan Palestina melakukan serangan mengejutkan lintas batas dari Gaza, pada 7 Oktober 2023, yang menurut para pejabat Israel menewaskan sekitar 1.200 orang.

Serangan Hamas yang tidak terduga itu lantas memicu Militer Israel melakukan dengan serangan udara, darat, dan laut tanpa henti di Gaza, yang menurut kementerian kesehatan wilayah tersebut telah menewaskan lebih dari 11.100 orang. 

Banyaknya korban jiwa di Palestina juga memicu kemarahan luas di Timur Tengah.

VIVA Militer: Serangan udara militer Israel di Suriah

Photo :
  • newindianexpress.com

Sebagai informasi, ada sekitar 2.500 tentara Amerika di Irak dan sekitar 900 di Suriah sebagai bagian dari upaya untuk mencegah kebangkitan kelompok Daesh.

Para jihadis pernah menguasai wilayah yang signifikan di kedua negara namun berhasil dipukul mundur oleh pasukan darat lokal yang didukung oleh serangan udara internasional dalam konflik berdarah selama bertahun-tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya