Perang Berlanjut, Ini Daftar Negara yang Tolak Gencatan Senjata Israel di Jalur Gaza

Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu
Sumber :
  • Abir Sultan/Pool Photo via AP

Israel – Sejumlah negara diketahui masih bersikukuh menolak untuk diberlakukannya gencatan senjata di Jalur Gaza yang menjadi titik konflik sengit antara Hamas dan Israel. Penolakan gencatan senjata ini tampak di forum internasional yaitu Majelis Umum PBB pada awal November 2023 lalu. 

Pendukung Israel Provokasi Mahasiswa Pro Palestina di Universitas California

Setidaknya ada 14 negara yang tercatat menolak gencatan senjata. Sebaliknya, mereka mendorong diberlakukannya jeda kemanusiaan untuk bisa memberikan bantuan kepada warga sipil di Jalur Gaza. Nah, berikut adalah negara yang menolak gencatan senjata. 

1. Israel

Kelompok Kemanusiaan Periksa Persenjataan Mematikan yang Belum Meledak di Gaza

Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu

Photo :
  • Abir Sultan/Pool Photo via AP

Menjadi salah satu pihak yang berkonflik, Israel menolak dengan tegas usulan gencatan senjata yang semakin berkecamuk. PM Israel Benjamin Netanyahu menuntut supaya 240 sandera yang ditawan Hamas dalam serangan 7 Oktober lalu untuk segera dibebaskan. 

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

"Tidak akan ada gencatan senjata tanpa kembalinya para sandera. Hal ini harus dihilangkan sepenuhnya dari leksikon," kata Netanyahu kepada kru di pangkalan angkatan udara Ramon di Israel selatan, menegaskan kembali posisi lama pemerintah Zionis.

2. Inggris

Perdana Menteri Inggris (PM Inggris) Rishi Sunak

Photo :
  • AP Photo/David Cliff

Seperti AS, pemerintah Inggris juga tak mendukung adanya gencatan senjata dalam jangka pendek dan mendukung solusi dua negara dalam jangka panjang. PM Rishi Sunak maupun pemimpin oposisi Sir Keir Starmer mendapat tekanan untuk mengubah sikap terhadap gencatan senjata. 

Puluhan ribu orang bahkan sudah menghadiri demonstrasi pro-Palestina di London dan kota-kota lain untuk memprotes posisi Inggris. Namun, Sunak mengatakan bahwa prinsip pertama dan paling penting adalah Israel memiliki hak untuk membela diri menurut hukum. 

VIVA Militer: Presiden Amerika Serikat, Joe Biden

Photo :
  • middleeastmonitor.com

Amerika Serikat juga menjadi negara yang menolak gencatan senjata tersebut. Presiden Joe Biden dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken telah mengunjungi Israel dan berulang kali menegaskan bahwa Israel memiliki hal untuk membela diri dari serangan Hamas. 

AS merupakan salah satu negara anggota PBB yang menolak adanya usulan untuk gencatan senjata dan bahkan juru bicara keamanan nasional John Kirby menyebut bahwa resolusi tersebut bukan jawaban yang tepat. Biden bahkan menyebut hanya perlu jeda saja. 

4. Eropa

Menteri Pertahanan Jerman Ursula von der Leyen.-Reuters/V. Kessler

Photo :
  • dw

Uni Eropa juga berpendapat sama dengan ketiga negara tersebut soal gencatan senjata dan mereka malah menganjurkan jeda kemanusiaan. Meski demikian, Prancis, Spanyol, Portugal, dan Irlandia mendukung resolusi PBB untuk melakukan gencatan senjata. 

Namun, Italia, Jerman, dan Islandia tak ikut serta dalam resolusi PBB tersebut. Swedia mengatakan tak bisa mendukung gencatan senjata karena kurangnya kecaman atas serangan Hamas dan menambahkan bahwa perisai manusia tidak bisa diterima. 

5. Negara G7

PM Kanada Justin Trudeau

Photo :
  • Al Arabiya

Negara G7 yang terdiri atas Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris dan Amerika Serikat, serta Perwakilan Tinggi Uni Eropa, menegaskan posisi Washington sebelumnya tidak menyerukan gencatan senjata di Gaza. Mereka lebih fokus pada hak Israel untuk bela diri. 

6. Negara Lain

Perdana Menteri Papua Nugini, James Marape

Photo :
  • Sydney Morning Herald

Selain negara-negara di atas, tercatat ada sejumlah negara lain yang juga memilih untuk menolak gencatan senjata di Majelis Umum PBB. Negara-negara tersebut adalah sebagai berikut. 

1. Austria
2. Kroasia
3. Ceko
4. Fiji
5. Guatemala
6. Hongaria
7. Kepulauan Marshall
8. Mikronesia
9. Nauru
10. Papua Nugini
11. Paraguay
12. Tonga

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya