Turki Kirim Rumah Sakit Keliling Bagi Rakyat Gaza di Perbatasan Rafah

Anak-anak terluka akibat serangan bom Israel di Gaza.
Sumber :
  • AP Photo/Hatem Moussa.

Ankara – Sebuah kapal yang membawa peralatan untuk rumah sakit keliling dari Turki, pada pekan lalu tiba di Pelabuhan Al-Arish, Mesir, pada Senin, 13 November 2023.  

Protes Meluas di Universitas Spanyol, Mahasiswa Minta Putus Hubungan dengan Israel

Menteri Kesehatan Turki, Fahrettin Koca, mengatakan mereka akan memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat Gaza melalui koordinasi dengan Mesir.

Menurut laporan tersebut, ini adalah kapal bantuan pertama yang tiba di Mesir sejak tahap baru konflik Hamas-Israel pecah pada 7 Oktober 2023 lalu.

Terima Ancaman, Badan Bantuan PBB untuk Palestina Tutup Kantornya di Yerusalem Timur

Anak-anak terluka akibat serangan bom Israel di Gaza.

Photo :
  • AP Photo/Hatem Moussa.

Seorang pejabat kesehatan Turki mengatakan bahwa kapal tersebut membawa peralatan medis dan kebutuhan lainnya, yang berguna bagi rakyat Palestina.

Amerika: Pasukan Israel Takkan Mampu Habisi Hamas!

"Kapal ini membawa bahan, generator, ambulans untuk mendirikan delapan rumah sakit lapangan (keliling)," kata Koca, dikutip dari Middle East Monitor, Rabu, 15 November 2023.

Pejabat Turki itu menambahkan bahwa Ankara telah meminta persetujuan Kairo untuk membangun rumah sakit lapangan di Al-Arish, yang terletak sekitar 40 kilometer (25 mil) dari perbatasan Rafah, satu-satunya penyeberangan ke Gaza yang tidak dikendalikan oleh Israel.

“Kami menerima lampu hijau dari otoritas Mesir. Kami akan mendirikan rumah sakit ini di area yang ditunjukkan oleh pemerintah Mesir.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya