Militer Israel Ambil Alih Gedung Pemerintahan Hamas, Mulai Dari Parlemen Hingga Markas Polisi

Tentara Israel Kibarkan Bendera dan Menyanyikan Lagu Kebangsaan di Pantai Gaza
Sumber :
  • Aljazeera

GazaMiliter Israel (IDF) pada Selasa, 14 November 2023, mengumumkan bahwa mereka telah merebut sejumlah gedung-gedung pemerintahan Hamas di jantung Kota Gaza ketika pasukannya terlibat dalam pertempuran sengit dengan orang-orang bersenjata Hamas di kota tersebut.

'Bravo Zulu' Kapal Selam TNI AL KRI Alugoro-405 Tembakkan Torpedo Black Shark di Selat Bali

Militer mengatakan bahwa pasukan Brigade Lapis Baja ke-7 dan Brigade Infanteri Golani merebut beberapa lokasi pemerintahan Hamas di lingkungan Sheikh Ijlin dan Rimal di Kota Gaza. Lokasi yang direbut pasukan IDF itu antara lain adalah parlemen Hamas, kompleks pemerintahan, dan markas polisi.

"Pasukan juga merebut rumah gubernur di Gaza, yang merupakan kantor sayap militer dan polisi Hamas, kantor divisi intelijen Hamas, dan lokasi lain yang digunakan untuk mempersiapkan serangan 7 Oktober," kata IDF dalam sebuah pernyataan.

Sadis! Polisi di Bulukumba Tega Aniaya Siswi SMA hingga Patah Tulang dan Rahang Bengkak

Warga Palestina mencari para korban di reruntuhan gedung di Gaza, yang hancur akibat serangan Israel.

Photo :
  • AP Photo/Mahmoud Abo Salamah.

Di rumah gubernur itu, tentara Israel dari Batalyon 13 Brigade Golani menemukan peralatan militer Hamas selama serangan 7 Oktober 2023 dan persenjataan lainnya. Batalyon ke-13 juga mengambil bagian besar dalam pertempuran pada 7 Oktober 2023, dan kehilangan sedikitnya 41 anggota selama serangan Hamas di Israel selatan.

Universitas Oxford hingga Cambridge Bergabung dalam Aksi Pro-Palestina

Dilansir dari Times of Israel, Kamis, 16 November 2023, IDF mengatakan peralatan tersebut akan dibawa kembali ke Israel dan diperiksa oleh para pejabat.

Pasukan IDF juga mengklaim bahwa gedung teknik universitas yang digerebek oleh tentara mereka berfungsi sebagai lembaga produksi dan pengembangan senjata, dan mengatakan tentara juga merebut kompleks Hamas yang memiliki basis pelatihan, pusat komando, ruang interogasi, dan sel tahanan.

Sebuah foto yang beredar di media sosial Selasa pagi menunjukkan pasukan Brigade Golani IDF berada di dalam markas polisi militer Hamas di Jalur Gaza, setelah merebut lokasi tersebut.

Para prajurit terlihat memegang bendera Israel dan bendera Batalyon 13 Golani. Namun, masih tidak jelas kapan foto itu diambil.

Kemudian, pada Senin, 13 November 2023, foto serupa muncul yang menunjukkan pasukan Brigade Golani di dalam gedung parlemen Gaza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya