8 Negara Sekutu Amerika Serikat di Timur Tengah, Ada Arab Saudi Hingga Turki

Joe Biden dan Mohammed bin Salman
Sumber :
  • AP

Amerika Serikat– Amerika Serikat merupakan negara adidaya dengan posisi dominan yang ditandai dengan kemampuannya untuk memberikan pengaruh dan memproyeksikan kekuasaan dalam skala global. Hal ini juga didukung dengan kekuatan militer terkuat di dunia yang dipegang AS. 

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Karena itu, AS dengan leluasa mengerahkan pasukannya ke Timur Tengah karena Washington sendiri menjadi sekutu untuk banyak negara di kawasan tersebut. Sebagai imbalannya, Washington memberikan jaminan keamanan kepada sekutu-sekutunya tersebut. 

Satu-satunya negara Timur Tengah yang menjadi musuh terkuat AS adalah Iran, negara yang menjadi rival sekutu-sekutu Amerika di kawasan tersebut. Nah, untuk mengetahui lebih jauh, berikut ulasan mengenai negara yang menjadi sekutu Amerika Serikat di Timur Tengah. 

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

1. Israel 

VIVA Militer: Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu

Photo :
  • euractiv.com
Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Israel sudah menerima banyak bantuan militer dalam bentuk finansial hingga persenjataan dari Amerika Serikat. Negara Yahudi ini menerima bantuan ekonomi dalam bentuk paket bantuan keuangan dari Washington. Israel bahkan menjadi satu-satunya negara di kawasan itu yang bisa mengoperasikan jet tempur siluman F-35 Amerika. 

2. UEA

Presiden Jokowi Bersama Sheikh Mohamed bin Zayed (MBZ)

Photo :
  • Antara

Menjadi salah satu sekutu Amerika, UEA sudah diizinkan untuk membeli senjata canggih milik AS, termasuk pesawat tempur siluman F-35 dan sistem pertahanan rudal. Namun, jet tempur yang dimaksud belum dikirimkan. AS juga telah mengalokasikan investasi dalam berbagai sektor ekonomi di UEA. 

Presiden AS Joe Biden (kanan) bertemu dengan Presiden Mesir Abdel Fattah Al Sisi

Photo :
  • AP Photo.

Amerika Serikat (AS) telah memberikan bantuan militer kepada Mesir dalam bentuk persenjataan dan alat militer. Washington juga telah memberikan bantuan pembangunan proyek infrastruktur dan pengembangan ekonomi di sana. 

Joe Biden dan Mohammed bin Salman

Photo :
  • AP

Jangan salah, Arab Saudi merupakan salah satu negara di Timur Tengah yang bersekutu dengan Amerika. AS bahkan telah menjual senjata canggih kepada Arab Saudi termasuk pesawat tempur dan sistem pertahanan rudal. Washington juga telah memberikan pelatihan dan bantuan keamanan kepada Riyadh, 

6. Kuwait

Emir of Kuwait

Photo :
  • qeight.com

Kuwait merupakan salah satu negara yang kaya akan minyak sekaligus menjadi sekutu dari Amerika Serikat. Negara ini memiliki dua pangkalan militer yang dipakai AS untuk operasi militer. Pertama Pangkalan Udara Ali Al Salem yang dipakai untuk logistik, militer, dan latihan. Kedua, Pangkalan Udara Ahmad Al-Jaberyang yang dipakai untuk operasi di Timteng. 

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani dalam pembukaan Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Manu Fernandez

Negara teluk yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu sekutu AS. Qatar memiliki pangkalan Udara Al Udeid, salah satu pangkalan militer terbesar di Timur Tengah. Pangkalan ini dipakai Angkatan Udara AS dan juga dari pasukan sekutu dari berbagai negara untuk operasi di sana. 

VIVA Militer: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan

Photo :
  • middleeastmonitor.com

Meski hubungan Turki dan AS sempat tegang dalam beberapa saat, AS tetap menjual senjata dan peralatan militer kepada Erdogan. Kedua negara ini juga menjadi sekutu NATO yang bekerja sama dalam berbagai isu keamanan, termasuk perang melawan ISIS. Turki memiliki pangkalan Udara Incirlik yang dipakai AS untuk misi pengintaian di Timur Tengah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya