Israa Jaabis, Wanita Palestina yang Akhirnya Dibebaskan dari Penjara Israel: Wajah Penuh Luka

Israa Jaabais
Sumber :
  • Aljazeera.com

Palestina – Tahanan Palestina Israa Jaabis akhirnya tiba di rumahnya di Yerusalem Timur yang diduduki setelah dibebaskan dari penjara Israel, kata Pusat Informasi Wadi Hilweh yang berbasis di Yerusalem pada Minggu.

Pendukung Israel Provokasi Mahasiswa Pro Palestina di Universitas California

Sebelum pembebasannya, polisi Israel memberlakukan beberapa pembatasan termasuk tidak merayakan pembebasannya dan mengevakuasi semua jurnalis dari rumahnya agar tidak meliput momen-momen pertama pembebasannya.

Kelompok Kemanusiaan Periksa Persenjataan Mematikan yang Belum Meledak di Gaza

Jaabis menghabiskan tujuh tahun di penjara Israel dengan hukuman 11 tahun. Pada 11 Oktober 2015, Jaabis, 31, sedang dalam perjalanan menuju rumahnya di Yerusalem ketika tabung gas di mobilnya meledak, dan mobilnya terbakar.

Dia menderita luka bakar tingkat tiga yang menghanguskan 60% tubuhnya, termasuk wajah dan tangannya. Pihak berwenang Israel menuduh Jaabis ingin melakukan "teror" menyerang, tuduhan yang dia bantah.

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

Jaabis termasuk dalam daftar 39 perempuan dan anak-anak Palestina yang dijadwalkan akan dibebaskan dari penjara-penjara Israel sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran tahanan gelombang kedua dengan kelompok perlawanan Palestina, Hamas.

Israel dan Hamas menukar 24 warga Israel dan warga asing dengan 39 warga Palestina dari penjara Israel pada hari Jumat, hari pertama dari jeda kemanusiaan selama empat hari. Gelombang kedua tahanan hampir selesai setelah pembebasan 17 warga Israel dan orang asing pada Sabtu pagi.

Isra Jabaais

Photo :

Berdasarkan perjanjian tersebut, para sandera dan tahanan akan dibebaskan secara bertahap selama empat hari. Israel melancarkan kampanye militer besar-besaran di Jalur Gaza menyusul serangan lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober.

Sejak itu, Israel telah menewaskan sedikitnya 14.854 warga Palestina, termasuk 6.150 anak-anak dan lebih dari 4.000 perempuan, menurut otoritas kesehatan di daerah kantong tersebut. Korban tewas resmi di Israel mencapai 1.200 orang. 

Penyebab Isra Dipenjara

Israa Jaabis wanita Palestina yang kini menderita luka bakar dan didakwa melakukan percobaan pembunuhan setelah mobilnya meledak di dekat pos pemeriksaan Israel pada tahun 2015.

Dia dituduh oleh Israel melakukan percobaan pembunuhan setelah meledakkan mobilnya di sebuah pos pemeriksaan, tuduhan yang dia bantah. Luka bakar yang dialaminya, menurutnya, disebabkan oleh ledakan di dalam mobil karena kesalahan teknis.

Rusak di bagian dalam, terbakar secara fisik, dan kesakitan yang luar biasa, Jaabis mengatakan pekan lalu, dalam sebuah surat yang didiktekan kepada pengacaranya, bahwa dia tidak menerima perawatan medis yang memadai dari Sistem Penjara Israel (IPS).

Dia menderita luka bakar tingkat satu dan tiga pada 60 persen tubuhnya, dan bergantung pada sesama tahanan untuk membantunya melakukan tugas-tugas sederhana, sehingga dia merasa “dipermalukan”.

Delapan jarinya diamputasi karena meleleh akibat luka bakar. Dia tidak bisa mengangkat tangannya sepenuhnya karena kulit ketiaknya saling menempel. Telinga kanannya hampir tidak ada dan selalu mengalami peradangan.                                    

Dan hidungnya memiliki lubang menganga di satu sisi; dia bernapas sebagian besar melalui mulutnya. Dia juga menderita gangguan saraf, syok, dan krisis psikologis yang parah. Seperti yang ditulis menurut laman Aljazeera.com.

Ledakan mobil

Pada 10 Oktober 2015, Jaabis sedang memindahkan perabotan di mobilnya ke rumahnya di lingkungan Jabal Al-Mukaber di Yerusalem ketika, 500 meter dari pos pemeriksaan al-Zayyim di Yerusalem, dia kehilangan kendali atas kendaraannya.

“Intifada Pisau” atau “pemberontakan Oktober”, yang ditandai dengan serangan individu yang berkisar mulai dari penikaman, penabrakan mobil, dan, pada tingkat lebih rendah, penembakan, yang sebagian besar dilakukan oleh warga Palestina berusia remaja dan dua puluhan yang tidak terafiliasi dengan faksi politik.dimulainya

Tentara Israel berteriak kepada Jaabis agar menghentikan mobilnya, yang berbelok ke jalur yang berdekatan. Tiba-tiba, terjadi ledakan di dalam mobil.
                               

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya