Sedang Pemeliharaan, Kabah Tidak Bisa Disentuh Hingga Waktu yang Belum Ditentukan

Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi
Sumber :
  • Reasahalharamain

VIVA Dunia – Kerajaan Arab Saudi pada akhir pekan lalu, telah memulai pemeliharaan berkala Kabah di Masjidil Haram di Makkah.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Pemeliharaan berkala Kabah tersebut berada di bawah pengawasan Departemen Manajemen Proyek Kementerian Keuangan dan berkoordinasi dengan lembaga pemerintah terkait lainnya. Pemeliharaan berkala tersebut adalah sebagai kelanjutan dari upaya dan arahan Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dan di bawah tindak lanjut langsung oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

“Upaya ini merupakan kelanjutan dari komitmen berkelanjutan Pemerintahan Raja Salman dalam merawat dan meninggikan Kabah, menjamin kesuciannya, serta menjaga seluruh elemennya agar tetap dalam kondisi optimal,” demikian mengutip Saudi Press Agency, Rabu, 13 Desember 2023.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Kain Kiswah Kabah diganti jelang pelaksanaan puncak haji di Arafah tahun 2021

Photo :
  • Reasahalharamain

Pemeliharaan berkala Kabah bukan hanya tugas rutin tetapi bagian dari pendekatan komprehensif untuk memastikan perawatan, pelestarian, dan peningkatan yang tepat terhadap situs paling suci umat Islam tersebut.

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

Departemen Manajemen Proyek Kementerian Keuangan mengawasi kemajuan pekerjaan, melibatkan sekelompok profesional dan ahli yang berdedikasi untuk mengelola proyek perluasan Penjaga Dua Masjid Suci.

Proyek-proyek tersebut juga mencakup perluasan besar Masjidil Haram di Saudi, dan proyek untuk meningkatkan kapasitas Mataf (area sirumbulan), serta perluasan Saudi ketiga untuk Masjid Nabawi, alun-alunnya, dan komponen yang relevan.

Sejak didirikan pada tahun 1438 H, Departemen Manajemen Proyek telah aktif mengawasi proyek perluasan Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah atas nama Penjaga Dua Masjid Suci.

Suasana Masjidil Haram usai Salat Jumat, 19 Juli 2019.

Photo :
  • Bahauddin/MCH2019

Pihaknya juga telah melakukan pengawasan terhadap pekerjaan pemeliharaan berkala unsur-unsur Kabah sebelumnya yang dilaksanakan pada bulan Syawal 1440 H dan Dzulhijjah 1442 H.

Meski banyak jamaah yang bertanya kapan Kabah akan kembali dibuka dan bisa disentuh oleh umat Islam yang tengah beribadah, pihak berwenang belum memberikan waktu dan tanggal pasti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya