Perilaku-perilaku Buruk Tentara Israel yang Direkam Kamera

Tentara Israel bernyanyi dan berdoa melalui mikrofon di sebuah masjid di Jenin di Tepi Barat.
Sumber :
  • BBC Internasional.

Gaza – Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengutuk perilaku beberapa tentaranya yang terekam sedang bernyanyi dan berdoa melalui mikrofon di sebuah masjid di Jenin di Tepi Barat.

Universitas Oxford hingga Cambridge Bergabung dalam Aksi Pro-Palestina

Hal ini terjadi saat operasi melawan militan di kota tersebut, yang sejauh ini telah menewaskan 11 warga Palestina, kata Kementerian Kesehatan Palestina.

"Para prajurit akan didisiplinkan sebagaimana mestinya," kata IDF, dikutip dari BBC Internasional, Jumat, 15 Desember 2023.

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

VIVA Militer: Tentara Pertahanan Israel (IDF) menghadang warga Palestina

Photo :
  • Al Jazeera

Klip yang beredar di media sosial menampilkan pemandangan masjid.  Dalam salah satu rekaman, sebuah lagu tentang mengusir kegelapan, yang terkait dengan festival Hanukkah Yahudi saat ini, terdengar dinyanyikan dalam bahasa Ibrani melalui pengeras suara. Orang yang merekam juga ikut tertawa dan menyanyikan lagu tersebut.

2 Militer Israel Tewas usai Kena Serangan Rudal Hizbullah

Klip lain menunjukkan tentara IDF di dalam masjid membacakan doa Yahudi melalui mikrofon.

Dalam hal ini, kementerian luar negeri Palestina mengecam penghinaan terhadap kesucian masjid. Pada sebuah pernyataan, IDF mengatakan tentara tersebut bertindak bertentangan dengan kode etik IDF dalam lembaga keagamaan.

Pernyataan itu juga mengatakan mereka yang bertanggung jawab segera diberhentikan dari aktivitas operasional tentara. “Perilaku tentara dalam video tersebut serius dan sangat bertentangan dengan nilai-nilai IDF," bunyi pernyataan IDF.

Banyak perilaku buruk lainnya

Insiden di Jenin bukan pertama kalinya tentara Israel dikecam karena perilaku buruknya, seperti yang direkam, dan kemudian diposting di media sosial baru-baru ini.

VIVA Militer: Tentara Israel bernyanyi di mimbar masjid di Jenin, Tepi Barat

Photo :
  • Instagram/@eye.on.palestine

Sejak pasukan Israel berperang di Gaza sejak akhir Oktober, banyak video yang bermunculan termasuk menunjukkan seorang tentara menghancurkan sebuah toko mainan, sementara orang yang merekamnya tertawa.

Tentara lainnya membakar barang-barang di belakang truk, dan yang lainnya mengobrak-abrik pakaian wanita di tempat yang tampaknya merupakan kediaman pribadi.

Pada Minggu, 10 Desember 2023, juru bicara IDF Laksamana Muda Daniel Hagari juga sempat mengutuk perilaku tentara tersebut.

“Pasukan IDF beroperasi sesuai dengan nilai-nilai dan semangat IDF,” katanya.  “Tentara di medan perang diharuskan bertindak secara profesional dan etis, dan kami tidak akan berkompromi dalam hal ini. Dalam hal apa pun. (Video tidak) sejalan dengan nilai-nilai IDF, tindakan komando dan disipliner akan diambil, dan inilah caranya di IDF."

Sementara itu di Jenin, pasukan Israel telah memerangi militan Palestina sejak IDF melancarkan operasi untuk menangkap anggota Hamas, pada Selasa, 12 Desember 2023.

Sebelas warga Palestina juga telah dibunuh oleh pasukan Israel di kota itu, kata Kementerian Kesehatan Palestina.  Sementara itu, kementerian mengatakan salah satu korban tewas adalah anak laki-laki berusia 13 tahun.

IDF membeberkan bahwa pihaknya telah melakukan penggeledahan dari rumah ke rumah di kamp pengungsi di sana dan menemukan puluhan senjata, laboratorium bahan peledak, terowongan, dan pos pengamatan. Dikatakan juga bahwa pihaknya telah menahan ratusan tersangka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya