Total Jumlah Korban Tewas Perang Hamas-Israel di Gaza Tembus 20.000 Ribu Jiwa

VIVA Militer: Jenazah warga sipil Gaza korban serangan militer Israel
Sumber :
  • arabnews.com

VIVA Dunia – Sudah lebih dari dua bulan perang Hamas-Israel berkecamuk di Gaza

Hamas soal Perdamaian: Bola Ada di Tangan Israel

Menurut laporan terbaru, 20.000 orang telah terbunuh di Jalur Gaza sejak Israel mulai membombardir daerah kantong tersebut menurut para pejabat Palestina. 

Setidaknya 8.000 anak-anak dan 6.200 wanita termasuk di antara mereka yang tewas, kata Kantor Media Pemerintah Gaza, melansir laporan Al Jazeera, Kamis, 21 Desember 2023. 

Israel Hancurkan 603 Fasilitas Air di Gaza Selama Perang

VIVA Militer: Brigade Izz ad-Din al-Qassam Hamas Palestina

Photo :
  • tass.com

Sejarah yang suram ini terjadi ketika Dewan Keamanan PBB terus-terus menunda pemungutan suara penting mengenai upaya untuk meningkatkan bantuan kemanusiaan ke Gaza untuk ketiga kalinya guna menghindari veto dari Amerika Serikat, yang biasanya melindungi sekutunya, Israel, dari tindakan PBB. 

Israel Bombardir Rafah, Peringatan AS Diabaikan

Sejak gencatan senjata tujuh hari gagal pada tanggal 1 Desember lalu, perang telah memasuki fase yang lebih intensif dengan pertempuran darat yang sebelumnya terbatas pada bagian utara wilayah tersebut kini tersebar di seluruh wilayah tersebut. 

Serangan udara berlanjut di Gaza pada hari Rabu dengan sedikitnya 46 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam serangan Israel di kamp pengungsi Jabalia di Gaza utara, menurut Kementerian Kesehatan daerah kantong tersebut. 

Di Rafah di Jalur Gaza selatan, di mana ratusan ribu orang telah terdesak sejak awal Desember oleh serangan gencar Israel yang terus berlanjut, serangan udara menghantam sebuah gedung dekat rumah sakit, menewaskan sedikitnya 10 orang.

Saat ini, Israel memantau terbatasnya bantuan kemanusiaan dan pengiriman bahan bakar ke Gaza melalui penyeberangan Rafah dari Mesir dan penyeberangan Karem Abu Salem yang dikuasai Israel, yang dikenal sebagai Kerem Shalom dalam bahasa Ibrani. 

VIVA Militer: Evakuasi mayat warga Gaza yang tertimbun reruntuhan bangunan

Photo :
  • etvbharat.com

Pada hari Rabu, konvoi pertolongan pertama memasuki Gaza langsung dari Yordania dengan membawa 750 metrik ton makanan. 

Program Pangan Dunia mengatakan setengah dari penduduk Gaza kelaparan dan hanya 10 persen dari kebutuhan makanan yang masuk ke Gaza sejak perang dimulai pada 7 Oktober.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya