Tal Mitnick, Remaja Israel yang Tolak Ikut Perang di Gaza Kini Dipenjara

Tal Mitnick, Remaja Israel yang Tolak Agresi Militer di Gaza, Kini Dipenjara
Sumber :
  • Globalist.it

VIVA Dunia – Nama Tal Mitnick kini diperbincangkan secara global, saat dirinya, seorang warga Yahudi Israel asal Tel Aviv, menolak untuk ikut berperang dan agresi militer di Gaza

Universitas Oxford hingga Cambridge Bergabung dalam Aksi Pro-Palestina

Dia adalah seorang remaja berusia 18 tahun berwajah lembut dengan hati yang penuh idealisme. Ketika Tal Mitnick, menolak untuk mendaftar menjadi tentara Israel, dia pun diadili pada hari Selasa, dia dibawa ke penjara militer untuk menjalani hukuman selama 30 hari. 

Berdiri sendirian di negara yang bertekad berperang adalah keputusan yang sulit. Namun, saat berbicara di Tel Hashomer, sebuah pangkalan dekat pagar Gaza di Israel tengah tempat Mtnick akan menjalani hukuman, ia dengan tegas mempertahankan keputusannya. 

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

Tal Matnick, Remaja Israel yang Tolak Agresi Militer di Gaza, Kini Dipenjara

Photo :
  • X

"Saya yakin pembantaian tidak bisa menyelesaikan pembantaian,” katanya, melansir Al Jazeera, Kamis, 28 Desember 2023. 

2 Militer Israel Tewas usai Kena Serangan Rudal Hizbullah

"Serangan kriminal di Gaza tidak akan menyelesaikan pembantaian keji yang dilakukan Hamas. Kekerasan tidak akan menyelesaikan kekerasan. Dan itulah sebabnya aku menolak," lanjutnya.

Pernyataan itu viral di media sosial X dengan username @Mesarvot, sebuah jaringan pendukung yang menghubungkan para rejectnik dalam kampanye melawan pendudukan Israel di wilayah Palestina. 

Dalam wawancara sebelumnya yang diposting di akun tersebut, Mitnick memaparkan sikap universalisnya terhadap konflik tersebut. 

Solusinya, katanya, tidak akan datang dari politisi korup di Israel atau dari Hamas. “Itu akan datang dari kami, putra dan putri kedua bangsa,” ujarnya. 

Teman-temannya datang untuk mendukung Mitnick, sambil memegang plakat bertuliskan: “Anda tidak dapat membangun surga dengan darah”, “Mata ganti mata dan kita semua menjadi buta” dan “Tidak ada solusi militer.” 

VIVA Militer: Tentara Israel menyerang kota Betlehem, Palestina

Photo :
  • wafa.ps

Sekelompok orang pun berkumpul dalam solidaritas dengan Mitnick sebelum dia memasuki pangkalan militer di pada Selasa lalu.

Tal Matnick, Remaja Israel yang Tolak Agresi Militer di Gaza, Kini Dipenjara

Photo :
  • Globalist.it

Semua mendukung Palestina.

Seperti diketahui, wajib militer adalah hal yang wajib dilakukan bagi sebagian besar warga Yahudi Israel, dan dipandang sebagai sebuah ritus peralihan. Dalam masyarakat yang sangat termiliterisasi di negara ini, mereka yang disebut sebagai refusenik berisiko dicap sebagai pengkhianat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya