Sederet Negara yang Terseret Pertempuran Kejam Israel dan Hamas

VIVA Militer: Proses evakuasi tentara Israel yang terluka dalam perang
Sumber :
  • bnn.network

VIVA Dunia – Israel tak henti-hentinya meluluhlantakkan Gaza Palestina dengan berbagai serangannya. Bahkan, kabarnhya perang Israel-Hamas yang terjadi di Gaza ini bakal berpotensi menyebar ke berbagai negara lainnya.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Terbaru, negara tetangga Selatan Arab Saudi, Yaman, disebut-sebut telah terseret dalam pusaran pertempuran yang kini sedang terjadi di Gaza. Mengutip Reuters, kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) USS Carney, mencegat tiga rudal jelajah dan beberapa drone yang diluncurkan oleh gerakan Houthi, yang saat ini berkuasa di Yaman, Kamis.

Houthi diketahui merupakan proksi Iran, yang menjadi rival nomor satu Israel di kawasan Timur Tengah.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Jaringan hubungan yang rumit menjadi tegang ketika Israel membombardir Gaza sebagai pembalasan atas serangan Hamas. Tak heran, jika banyak jumlah korban yang tewas maupun bencana yang terjadi di Gaza Palestina ini pun menjadikan pertempuran tersebut paling serius di Israel-Palestina selama beberapa dekade. 

Melansir dari laman The Guardian berikut ini terdapat sederet negara yang terseret dalam perang Israel dan Hamas.

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

Mesir

Mesir, yang berbatasan dengan Israel dan Gaza, telah lama memiliki hubungan yang rumit dengan Hamas, salah satunya karena Hamas merupakan cabang dari Ikhwanul Muslimin. Meskipun Kairo menandatangani perjanjian perdamaian formal dengan Israel pada tahun 1978 di Camp David, masyarakat Mesir cenderung lebih pro-Palestina dibandingkan rezim-rezim Mesir berturut-turut – kecuali pemerintahan singkat yang dipimpin oleh Ikhwanul Muslimin yang digulingkan pada tahun 2013.

Kairo telah bertindak sebagai lawan bicara antara Hamas dan Israel pada saat konflik, Mesir telah lama khawatir tentang keinginan beberapa orang di pihak Israel agar Mesir mengambil tanggung jawab atas Gaza, merujuk pada pemerintahan Mesir di jalur pantai dari tahun 1948-67

Yordania

Seperti Mesir, Yordania telah menandatangani perjanjian perdamaian formal dengan Israel – pada tahun 1994. Yang memperumit pandangan Yordania mengenai isu-isu Israel-Palestina adalah kenyataan bahwa lebih dari 2 juta warga Palestina terdaftar sebagai pengungsi di Yordania, sebagian besar dari mereka juga menikmati status kenegaraan Yordania secara penuh, sementara persentase penduduk yang lebih besar lagi dapat menelusuri asal muasal mereka dari Palestina.

Wakaf, organisasi yang mengelola lembaga-lembaga Islam di sekitar al-Haram al-Sharif (dikenal oleh orang Yahudi sebagai Temple Mount) di Yerusalem, adalah sebuah organ pemerintah Yordania, yang menyebabkan Amman terlibat dalam konflik di sekitar lokasi tersebut. Seperti Kairo, Israel cenderung sensitif terhadap pandangan Yordania.

VIVA Militer: Ledakan di kota Khan Younis, Gaza, usai serangan udara Israel

Photo :
  • palestinechronicle.com

Libanon

Israel telah terlibat dalam dua konflik besar yang melibatkan negara tetangganya di utara, yang terakhir terjadi pada tahun 2006 saat perang dahsyat melawan organisasi Syiah Hizbullah, salah satu proksi Iran yang paling tangguh. Israel telah lama khawatir akan melakukan perang dua front dengan Hamas dan Hizbullah.

Sklerosis politik jangka panjang dan keruntuhan ekonomi di Lebanon telah menjadi faktor pembatas bagi Hizbullah baru-baru ini. Walaupun Hizbullah telah mengizinkan penembakan roket terutama oleh faksi-faksi Palestina di Lebanon dalam dua minggu terakhir, masih belum jelas apakah Hizbullah sedang mempersiapkan serangannya sendiri jika terjadi invasi darat ke Gaza atau hanya memberi isyarat kepada para pendukungnya.

Suriah

Sejak pecahnya perang di Suriah , Israel telah melakukan sejumlah besar serangan di negara tersebut, terutama ditujukan pada jalur pasokan dan tempat penyimpanan senjata dari Iran, yang diklaimnya ditujukan untuk Hizbullah dan Hamas.

Meskipun ancaman langsung terhadap Israel dari Suriah tampaknya telah berkurang dalam beberapa tahun terakhir, proksi dan aset Iran telah lama tercatat beroperasi di Suriah. Namun seminggu yang lalu, Israel melancarkan serangan rudal terhadap dua bandara utama Suriah di Damaskus dan kota utara Aleppo, merusak landasan pendaratan di kedua bandara tersebut mungkin dengan maksud untuk mencegah landasan pacu tersebut digunakan untuk lalu lintas militer dalam beberapa minggu mendatang.

Iran

Setiap respons regional terhadap invasi darat Israel kemungkinan besar ditentukan oleh Teheran, yang dilaporkan telah memperingatkan Israel bahwa mereka mungkin merasa terdorong untuk melakukan intervensi jika terjadi invasi darat Israel ke Gaza. Iran, yang merupakan musuh jangka panjang Israel, biasanya menggunakan proksi untuk mendorong intervensinya, oleh karena itu muncullah minat terhadap kelompok-kelompok yang bersekutu dengannya di Timur Tengah.

Meskipun Iran memiliki kemampuan rudal untuk menyerang Israel (seperti yang dilakukan Irak pada masa pemerintahan Saddam Hussein selama perang Teluk), penempatan aset angkatan laut AS dan sekutu barat lainnya di wilayah tersebut dalam beberapa hari terakhir tampaknya bertujuan untuk memberi sinyal konsekuensi intervensi dari Iran.

Irak

Munculnya kembali serangan terhadap pangkalan AS di Irak minggu ini oleh kelompok sekutu Iran menandakan adanya komplikasi lain. AS saat ini memiliki sekitar 2.500 tentara yang ditempatkan di tiga pangkalan di Irak bersama sekitar 1.000 tentara dari negara lain dalam koalisi internasional yang dibentuk untuk melawan kelompok jihad ISIS.

Serangan itu terjadi setelah faksi-faksi yang setia kepada Iran meningkatkan ancaman terhadap AS. Salah satu dari mereka, Brigade Hizbullah, menuntut agar AS “meninggalkan” Irak, “jika tidak, mereka akan merasakan api neraka”.

Yaman

Kelompok Houthi yang didukung Iran di Yaman telah berhasil menembakkan drone jauh ke Arab Saudi yang ditujukan terutama pada fasilitas minyak. Apakah mereka mempunyai jangkauan atau kapasitas untuk mencapai Israel adalah pertanyaan lain. Namun, rudal dan drone Houthi mampu mengancam pelayaran di Teluk Aden, Laut Arab, dan Laut Merah. Intersepsi oleh kapal perang AS pada hari Kamis terhadap rudal dan drone yang diluncurkan dari Yaman – yang menurut juru bicara Pentagon diluncurkan “berpotensi menuju sasaran di Israel” – telah meningkatkan pertaruhannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya