Viral di Media Sosial, Mengapa Makanan India Kotor dan Tidak Higenis? Ini Alasannya

Ilustrasi penyajian makanan di India
Sumber :
  • Quora

VIVA Dunia – Baru-baru ini viral di media sosial video-video yang memperlihatkan makanan kaki lima di India dihidangkan dengan kotor dan tidak higenis, karena praktik kebersihan yang buruk.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Banyak penjual makanan yang tidak mematuhi standar keamanan pangan dasar seperti mengenakan celemek, memiliki akses terhadap air keran, mencuci tangan sebelum memasak, menggunakan sabun untuk membersihkan peralatan, memiliki lemari es untuk menyimpan makanan, hingga menggunakan tangan untuk mengaduk adonan.

Praktik penanganan dan perdagangan yang dilakukan pedagang kaki lima India seringkali tidak higienis, sehingga menyebabkan kontaminasi makanan oleh patogen bawaan makanan. Penggunaan bahan mentah yang tercemar, metode penyiapan yang tidak higienis, dan wadah yang terinfeksi juga berkontribusi terhadap kontaminasi mikroba pada jajanan kaki lima di negara dengan penduduk terpadat di dunia tersebut.

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya

Ilustrasi penyajian makanan di India

Photo :
  • Business Insider

Selain itu, adanya kontaminasi tinja pada air pengolahan dan kondisi tidak sehat di lokasi penyiapan makanan semakin berkontribusi terhadap sifat tidak higienis dari jajanan kaki lima.

Isuzu Pamer Teaser V-Cross Facelift, Meluncur Sebentar Lagi

Menurut Asosiasi Kesehatan Masyarakat, hanya 53% orang India yang mencuci tangan dengan sabun setelah buang air besar; 38% melakukannya sebelum makan dan hanya 30% yang mencuci tangan sebelum menyiapkan makanan.

Peraturan perdagangan makanan diatur oleh Otoritas Standar dan Keamanan Pangan India (FSSAI), yang didirikan berdasarkan Undang-Undang Keamanan dan Standar Pangan pemerintah yang disahkan bersamaan.

FSSAI bertanggung jawab untuk menetapkan standar keamanan dan kualitas pangan berbasis ilmu pengetahuan, mengatur bagaimana produk makanan dan minuman diproduksi, disimpan, dan didistribusikan, dan pada akhirnya menegakkan kepatuhan terhadap aturan-aturan ini.

Menurut ahli, ini beberapa alasan mengapa makanan kaki lima di India kurang higienis:

Infrastruktur yang terbatas

Fasilitas produksi dan pengolahan makanan kekurangan sumber daya untuk menjaga kebersihan, sehingga mengakibatkan kontaminasi dan berjangkitnya penyakit bawaan makanan. Di India saja, diperkirakan terdapat 100 juta penyakit bawaan makanan setiap tahunnya, yang mengakibatkan rata-rata 120.000 kematian akibat makanan.

Pemalsuan bahan makanan yang disengaja

Tinjauan yang dilakukan oleh FSSAI pada tahun 2022 menemukan peningkatan yang nyata dalam deteksi kasus pemalsuan bahan makanan selama bertahun-tahun, dari hanya 15% pada tahun 2012 menjadi 28% pada tahun 2019. Deteksi masih menjadi masalah selama produsen mengabaikan persyaratan pendaftaran produk yang secara hukum wajib mereka penuhi.

Ilustrasi penyajian makanan di India

Photo :
  • Quora

Pemasok dan kemampuan manajemen bahaya yang buruk.

Bagi banyak perusahaan, penelusuran bahan baku sulit dan bahkan tidak mungkin dilakukan, terutama komoditas pertanian mentah. Kurangnya pencatatan yang terstandarisasi (serta penipuan pangan yang disengaja) menghalangi produsen untuk melacak bahan-bahan tersebut kembali ke peternakan, atau bahkan pusat pemrosesan utama.

Akibatnya, produsen tidak dapat menilai potensi risiko dari bahan yang mereka gunakan, sehingga mengganggu keselamatan seluruh rantai pasokan makanan. Ketertelusuran sangat sulit dilakukan terutama bagi bisnis makanan skala kecil dan menengah yang memiliki margin keuntungan sangat kecil dan tidak memiliki sumber daya untuk melacak bahan-bahan tanpa mengalami kerugian.

Sensitivitas harga

Sebagian besar produsen makanan dan minuman di India fokus pada pengurangan biaya agar produk mereka bisa dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Akibatnya, banyak perusahaan tidak dapat memprioritaskan keamanan pangan sebagai pilar bisnis mereka karena hal ini dapat menghalangi mereka mencapai margin keuntungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya