Ukraina Sebut Rudal Canggih Andalan Rusia Sudah Dikalahkan, Kok Bisa?

VIVA Militer: Jet tempur Mikoyan MiG-31K Rusia menjatuhkan rudal Kh-47M2 Kinzhal
Sumber :
  • timesofisrael.com

Kyiv – Ukraina mengatakan bahwa pertahanan udaranya kembali berhasil melawan rudal balistik yang diluncurkan dari udara yang disebut-sebut oleh pimpinan Rusia sebagai senjata hipersonik yang tak terhentikan.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Ukaraina mengklaim bahwa mereka berhasil menembak jatuh 10 dari 10 rudal Kinzhal yang ditembakkan dalam sebuah serangan besar-besaran pada hari Selasa.

VIVA Militer: Pesawat pembom MiG-31 militer Rusia membawa rudal Kh-47M2 Kinzhal

Photo :
  • Youtube
Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

Dilansir dari Bussines Insider, Rabu, 3 Januari 2023, Jika Ukraina berhasil menembak jatuh semua rudal Kinzhal yang ditembakkan selama serangan seperti yang diklaim militer, maka itu akan menggandakan jumlah korban yang diklaim sejak pencegatan pertama yang dikonfirmasi pada bulan Mei lalu, dan semakin mematahkan beberapa hype di sekitar senjata tersebut.

Militer Ukraina mengumumkan pencegatan tersebut pada Selasa pagi di Facebook dan Telegram, melaporkan bahwa semua 10 pesawat Kinzha ditembak jatuh.

Serang Israel, Uni Eropa Bakal Jatuhi Iran Sanksi

Jenderal tertinggi Ukraina, Valery Zaluzhny, memuji para pejuang negara itu, sementara Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy juga memuji pertahanan udara yang disediakan oleh Barat.

Serangan hari Selasa merupakan pemboman besar terbaru dan Rusia menembakkan lebih dari 130 rudal dan pesawat tak berawak ke target sipil dan militer dalam upaya untuk merusak infrastruktur dan fasilitas industri yang penting.

"Malam ini Ukraina menghadapi serangan udara gabungan yang paling masif dengan rudal hipersonik oleh Rusia," kata Kementerian Luar Negeri Ukraina dalam sebuah posting pada hari Selasa di X.

"Pasukan Pertahanan Udara Ukraina menembak jatuh 10/10 Kinzhals," kata kementerian itu, menambahkan bahwa "seperti inilah kepahlawanan yang dilengkapi dengan sistem canggih."

Tanpa kemampuan pertahanan udara canggih yang disediakan Barat, serangan Rusia mungkin akan lebih dahsyat. Ukraina mengatakan bahwa para pembelanya menembak jatuh semua 35 drone Shahed yang ditembakkan dan sebagian besar rudal jelajah dan balistik yang diluncurkan.

Selain laporan bahwa sebagian besar rudal-rudalnya tidak pernah mencapai target, Rusia juga melakukan blunder dalam serangan hari Selasa, dan secara tidak sengaja mengebom sebuah desa di Rusia. Media pemerintah Rusia mengatakan tidak ada korban jiwa, tetapi ada kerusakan struktural sebagai akibatnya.

VIVA Militer: Jet tempur Rusia, MiG-31K, membawa rudal nuklir Kh-47M2 Kinzhal

Photo :
  • rt.com

Business Insider tidak dapat memverifikasi data pencegatan Ukraina secara independen, tetapi Ukraina sebelumnya telah menjatuhkan rudal Kinzhal, sehingga ada kemungkinan mereka telah melakukannya lagi.

Pentagon mengkonfirmasi pada Mei tahun lalu bahwa sistem pertahanan udara Patriot buatan AS telah mencegat rudal tersebut. Dan Ukraina mengatakan bahwa itu bukanlah insiden yang terisolasi.

Pada tanggal 31 Desember, Ukraina mengatakan bahwa mereka telah menembak jatuh 15 rudal tersebut dengan menggunakan baterai Patriot. Jika klaim pencegatan Ukraina akurat, jumlahnya mungkin sekarang menjadi 25.

Hal ini akan menjadi pencapaian yang mengesankan bagi Ukraina dan menjadi pengingat bahwa rudal Rusia, yang digembar-gemborkan oleh Kremlin sebagai rudal yang tak terkalahkan, bukanlah senjata ajaib seperti yang diiklankan

KH-47M2 Kinzhal adalah rudal balistik canggih yang diluncurkan dari udara yang awalnya diumumkan pada pidato Presiden Rusia Vladimir Putin pada 2018. "Kinzhal," bahasa Rusia yang berarti belati, memiliki "karakteristik penerbangan yang unik" dan kecepatan tinggi, kata Putin, yang memungkinkannya untuk mencapai target dalam beberapa menit setelah diluncurkan.

Dalam pidatonya, pemimpin Rusia itu mengatakan bahwa rudal tersebut dapat "mengatasi semua sistem pertahanan antipesawat dan antirudal yang ada saat ini dan yang akan datang."

Para pejabat Rusia mulai membanggakan penggunaan Kinzhal di Ukraina pada Agustus 2022, ketika Menteri Pertahanan Sergey Shoigu mengatakan bahwa "belum ada orang lain yang memiliki rudal semacam itu: hipersonik, dan dengan kecepatan seperti itu, dan dengan kemampuan penetrasi seperti itu" sehingga "mustahil untuk mendeteksinya atau mencegatnya."

Kemudian, pada Desember tahun itu, Jenderal Valery Gerasimov, Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia, menambahkan pujian itu dengan mengatakan bahwa Kinzhal "kebal terhadap kemampuan pertahanan udara yang dikerahkan di Ukraina."

Ini terjadi sebelum kedatangan sistem Patriot buatan AS pada April 2023. Setelah dikerahkan, Baterai Pertahanan Udara MIM-104 "Patriot", yang dipuji oleh Pentagon sebagai "salah satu sistem pertahanan udara tercanggih di dunia," dengan cepat mengakhiri narasi itu.

Namun, terlepas dari keberhasilan Ukraina yang diklaim berhasil melawan Kinzhals Rusia dan sebagian besar persenjataan lainnya selama serangan hari Selasa, ada kekhawatiran yang berkembang bahwa serangan Rusia baru-baru ini, termasuk serangan besar-besaran pada hari Jumat lalu, mungkin akan meningkat baik dalam hal frekuensi maupun daya rusaknya.

Para pejabat Ukraina dan Barat, serta para pemantau dan pakar perang, terus menekankan bahwa memenuhi kebutuhan pertahanan udara Ukraina sangatlah penting, terutama ketika Rusia kembali meluncurkan rentetan rudal besar-besaran ke kota-kota Ukraina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya