Kesaksian Penumpang Japan Airliness yang Terbakar, Kabin Pesawat Dipenuhi Asap

Kecelakaan Pesawat Japan Airlines di Bandara Haneda Tokyo Jepang
Sumber :
  • Kyodo News via AP

Tokyo – Para penumpang menyatakan kelegaan mereka dan mengenang saat-saat menegangkan, setelah mereka berhasil lolos dari pesawat Japan Airlines, yang terbakar setelah bertabrakan dengan pesawat Penjaga Pantai Jepang di bandara Haneda Tokyo, pada Selasa, 2 Januari 2024.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Saat proses evakuasi, penumpang melarikan diri dari pesawat menggunakan perosotan evakuasi. Kecelakaan itu terjadi sesaat sebelum pukul 18.00 sore waktu setempat.

“Saya merasakan ada benturan, seperti pesawat bertabrakan dengan sesuatu saat mendarat. Saya melihat percikan api di luar jendela dan kabin dipenuhi gas dan asap,” kata seorang perempuan berusia 35 tahun yang duduk di kursi dekat jendela saat mendarat.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Kecelakaan Pesawat Japan Airlines di Bandara Haneda Tokyo Jepang

Photo :
  • Kyodo News via AP

“Kami diinstruksikan untuk membungkuk dan menutup mulut dan hidung. Bahkan setelah (pesawat) mulai terbakar, kami tidak dapat segera keluar dari pesawat, dan saya merasa perlu waktu lebih dari lima menit sebelum kami dapat melarikan diri,” ujarnya dengan suara bergetar.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Api melalap pesawat jet Airbus A350, yang baru saja mendarat di bandara Haneda dari Sapporo di Jepang utara.

Seluruh penumpang yang berjumlah 379 orang dalam penerbangan komersial tersebut selamat tanpa cedera yang mengancam nyawa, sementara lima dari enam anggota penjaga pantai yang berada dalam pesawat lainnya tewas.

“Saya pikir ini akan berbahaya karena asap terus bertambah parah setelah kebakaran terjadi," ujar seorang pria berusia 33 tahun yang berada di dalam pesawat bersama istri dan putrinya yang berusia 2 tahun.

Dengan pengumuman dalam penerbangan yang meminta penumpang untuk tetap tenang, pria tersebut, yang sangat ingin melindungi putrinya, mendekatkan kepalanya ke lantai agar dia tidak menghirup asap.

“Kami lega masih hidup,” katanya, dikutip dari Japan Today, Rabu, 3 Januari 2024.

Kecelakaan Pesawat Japan Airlines di Bandara Haneda Tokyo Jepang

Photo :
  • Kyodo News via AP

Istrinya yang berusia 29 tahun mengatakan semua orang panik saat melihat api.

“Asapnya sangat buruk sehingga kami hanya bisa melihat kaki kami setelah pramugari menyinari lampu. Beberapa di antara mereka kesulitan bernapas,” ucapnya, seraya menambahkan bahwa anak-anak lain menangis dan menjerit.

Kobaran api yang awalnya terlihat di bagian belakang kabin pesawat menyebar dengan cepat dan melahap seluruh bagian pesawat.

Api berkobar dari jendela dan pintu, dan petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di tengah suara sirene. Namun, pesawat terbakar dalam waktu satu jam.

“Suasana di dalam kabin semakin panas dan saya pikir saya tidak dapat bertahan hidup,” kata seorang dokter gigi berusia 40-an.

Setelah melarikan diri, dia dan penumpang lainnya saling berseru bahwa ada baiknya nyawa mereka terselamatkan, katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya