AS Tolak Gagasan Pejabat Israel untuk Usir Warga Palestina dari Gaza

VIVA Militer: Bendera Palestina di tengah puing bangunan kota Gaza
Sumber :
  • washingtoninstitute.org

Washington – Amerika Serikat menolak pernyataan 'tidak bertanggung jawab" yang disampaikan dua menteri Israel yang ingin mengusir warga Palestina dari Gaza.

"AS menolak pernyataan Menteri Israel Bezalel Smotrich dan Itamar Ben Gvir yang menganjurkan pemindahan warga Palestina ke luar Gaza. Retorika ini menghasut dan tidak bertanggung jawab," kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller pada Selasa waktu setempat.

Dalam akun X-nya secara terpisah, dia menandaskan bahwa "Seharusnya tidak ada pemindahan masal rakyat Palestina dari Gaza."

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

Israel buldozer kamp pengungsi Palestina di RS Kamal Adwan, Gaza Utara

Photo :
  • Akhbar al Aan


Dengan menekankan bahwa AS telah memberitahu pemerintah Israel, termasuk Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, bahwa pernyataan semacam itu tak  mencerminkan kebijakan pemerintah Israel, Miller meminta kedua pejabat itu segera berhenti memberi pesan semacam itu.

"Kami dengan terang benderang, konsisten dan  tegas menyatakan Gaza adalah tanah Palestina, dan akan tetap menjadi tanah Palestina," kata Miller.

Tapi dia menyatakan Hamas tidak boleh lagi berkuasa di Palestina dan Palestina harus berdiri  "tanpa ada kelompok teror yang mengancam Israel.". “Itulah masa depan yang kami cari, demi kepentingan Israel dan Palestina, kawasan sekitarnya, dan dunia.”

Pernyataan itu  sebagai tanggapan atas komentar para petinggi kelompok garis keras Israel termasuk Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben Gvir dan Menteri Keuangan Bezalel Smotrich, yang menyerukan "evakuasi sukarela" bagi warga Palestina dari Gaza dan mendesak sejumlah negara agar menerima warga Gaza itu.

2 Militer Israel Tewas usai Kena Serangan Rudal Hizbullah

Peta Gaza.

Photo :
  • Dok BBC International.


Israel melancarkan serangan udara dan darat tanpa henti di Jalur Gaza sejak Hamas menyerangnya  pada 7 Oktober. Paling sedikit 22.185 warga Palestina terbunuh dan 57.035 lainnya terluka, sementara hampir 1.200 warga Israel diyakini tewas diserang Hamas.

Serangan gencar Israel itu telah menghancurkan  Gaza, dengan 60 persen infrastruktur di wilayah ini rusak atau hancur, dan hampir 2 juta penduduk mengungsi sambil kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan. (Ant/Antara)

Brigade Tank Tempur Israel Kuasai Perbatasan Gaza dan Mesir
Perkemahan di Oxford dan Cambridge (Doc: MEMO)

Universitas Oxford hingga Cambridge Bergabung dalam Aksi Pro-Palestina

Mahasiswa, pengajar, dan staf komunitas Universitas Oxford dan Cambridge mendirikan perkemahan 'Zona Pembebasan' di kampus mereka pada Selasa pagi, 7 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024