Para Pemimpin Dunia Ucapkan Belasungkawa Atas Gempa Jepang, Termasuk Indonesia

Gempa Bumi di Jepang
Sumber :
  • Kyodo News via AP

VIVA Dunia – Para pemimpin dunia menyatakan belasungkawa atas bencana alam gempa berkekuatan 7,6 skala Richter yang mengguncang prefektur Ishikawa, Jepang pada hari Senin lalu. Mereka pun menyatakan kesiapannya untuk menawarkan bantuan kepada Jepang.

Kesaksian Warga, Gempa Garut Dirasakan Besar dan Terdengar Rumah Gemeretak dan Kaca Bergetar

Presiden AS Joe Biden menjadi salah satu yang pertama yang mengucapkan duka citanya. "(Ibu Negara) Jill Biden dan saya berdoa untuk masyarakat Jepang yang terkena dampak gempa dahsyat ini," kata Presiden AS Joe Biden dalam sebuah pernyataan.

“Pemerintahan saya berhubungan dengan para pejabat Jepang, dan Amerika Serikat siap memberikan bantuan apa pun yang diperlukan bagi rakyat Jepang,” lanjutnya. “Sebagai sekutu dekat, Amerika Serikat dan Jepang memiliki ikatan persahabatan mendalam yang menyatukan rakyat kami. Pikiran kami tertuju pada rakyat Jepang selama masa sulit ini.”

Gempa Bumi 6,5 SR Guncang Garut, Terasa Hingga Jabodetabek

Gempa Bumi di Jepang

Photo :
  • Kyodo News via AP

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak tak lama juga mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa pikirannya tertuju pada semua yang terkena dampak gempa Jepang. “Kami siap mendukung Jepang dan memantau perkembangannya dengan cermat,” tambahnya.

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau ikut turun ke X (sebelumnya Twitter) bahwa Kanada mendukung rakyat Jepang dan siap memberikan bantuan sementara Presiden Prancis Emmanuel Macron menyatakan solidaritasnya dengan Jepang, dengan mengatakan bahwa negara tersebut dapat mengandalkan dukungan Prancis.

Gempa Bumi di Jepang

Photo :
  • Kyodo News via AP

Dalam pesannya di X, Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional Kristalina Georgieva juga mengatakan: "Hari ini, Jepang ada dalam pikiran dan doa saya saat negara ini menghadapi gempa bumi dahsyat lainnya. Saya mengagumi kekuatan negara dan rakyatnya. Anda mengajari kami semua sebuah pelajaran berharga tentang berinvestasi pada ketahanan yang dibutuhkan di dunia yang lebih rentan terhadap guncangan."

Selain beberapa pemimpin dunia di atas, pemerintah Indonesia juga ikut mengungkapkan bela sungkawa yang dalam, melalui akun X resmi Kementerian Luar Negeri. "Indonesia sangat berduka atas bencana gempa bumi dahsyat yang terjadi di Prefektur Ishikawa dan sekitar wilayah Hokuriku di Jepang,.Indonesia menyatakan solidaritasnya dengan masyarakat Jepang, dan kami dengan tulus berharap semua yang terkena dampak bencana alam ini dapat segera pulih sepenuhnya," tulis Kemenlu pada Rabu, 3 Januari 2023..

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya