10 Militer Terkuat di Asia, Peringkat Indonesia Gak Main-main!

VIVA Militer: Kapal perang TNI Angkatan Laut. (Ilustrasi)
Sumber :
  • TNI Angkatan Laut

Jakarta – Setiap negara di seluruh dunia memiliki pasukan militer yang bertugas untuk menjaga integritas wilayahnya, melindungi kedaulatan bangsa, dan memastikan keamanan rakyat.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Tanpa kekuatan militer yang memadai, suatu negara berisiko kehilangan kedaulatannya dengan mudah. Oleh karena itu, setiap negara berusaha keras untuk memperkuat kekuatan militer guna menjamin keamanan rakyat dan melindungi negaranya dari ancaman eksternal.

VIVA Militer: Ilustrasi militer.

Photo :
  • VIVA Militer
Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Global Fire Power, sebuah situs pemeringkat militer dunia, baru-baru ini merilis daftar negara-negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia, dan mengelompokkannya berdasarkan benua. Perlu dicatat bahwa Rusia dimasukkan ke dalam kategori benua Asia oleh Global Fire Power. Nah, berikut deretan militer terkuat di Asia:

1. Rusia

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

Wilayah Rusia terletak di dua benua, yaitu Eropa dan Asia yang dipisahkan oleh Pegunungan Ural. Negara yang dipimpin Vladimir Putin tersebut menempati peringkat pertama sebagai negara dengan kekuatan militer terbaik se-Asia pada 2023. Rusia membekali sistem pertahanannya dengan 20.300 unit kendaraan lapis baja dan meraih skor indeks kekuatan sebesar 0,0714.

2. Cina

Di posisi kedua, ada Cina yang mendapatkan skor PowerIndex sebesar 0,0722. Negara yang dipimpin Xi Jinping tersebut mempunyai 2,7 juta prajurit militer, 7.716 unit tank tempur, 1.232 pesawat tempur, dan 33.000 kendaraan lapis baja.

3. India

VIVA Militer: Prajurit Angkatan Bersenjata India

Photo :
  • aljazeera.com

Menyusul Cina, India berhasil menduduki posisi ke-3 dengan skor indeks kekuatan sebesar 0,1025. India diperkirakan mempekerjakan 4,2 juta personel aktif di angkatan militer serta mengoleksi 4.426 unit tank tempur, 538 pesawat tempur, dan 4.060 artileri derek.

4. Korea Selatan

Sebagai negara yang dikenal dengan industri hiburan dan budayanya, Korea Selatan sukses meraih peringkat ke-4 sebagai negara dengan kekuatan militer terbaik di benua Asia. Global Firepower memberi Korea Selatan skor indeks sebesar 0,1505 karena telah memiliki 5,8 juta personel aktif, 2.654 tank tempur, dan 1.560 pesawat tempur.

5. Pakistan

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Pakistan (PAF) di Kashmir

Photo :
  • Daily Times

Pakistan juga termasuk ke dalam daftar negara dengan militer terkuat di Asia 2023. Negara yang berada di kawasan Asia Selatan itu meraih skor PowerIndex sebesar 0,1694 lantaran  tercatat membekali sistem pertahanan nasional dengan 356 jet tempur, 2.200 tank, dan 7.330 unit kendaraan lapis baja.

6. Jepang

Bergeser ke kawasan Asia Timur, ada Jepang yang berhasil menempati rangking ke-6 sebagai negara dengan sistem militer terbaik di benua Asia pada 2023. Negara beribu kota Tokyo itu meraih skor indeks kekuatan sebesar 0,1711 dan dilaporkan mengoleksi 290 pesawat tempur dan 679 unit kendaraan lapis baja.

7. Turki

Turki tercatat memperkuat sistem pertahanan dalam negerinya dengan 355.000 prajurit aktif dan 380 personel cadangan. Selain menjadi salah satu yang terbaik di Asia, militer Turki berhasil menyabet gelar terkuat se-Timur Tengah dengan skor PowerIndex sebesar 0,2016.

8. Indonesia

VIVA Militer: Tentara Nasional Indonesia

Photo :
  • Asia Pacific Report

Di kawasan Asia Tenggara, ada Indonesia yang masuk dalam jajaran negara dengan militer terbaik di Asia. Global Firepower memberi skor indeks kekuatan untuk Indonesia sebesar 0,2221. Adapun alokasi dana untuk Kementerian Pertahanan RI (Kemenhan) sebagaimana Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2024 mencapai Rp 135,44 triliun.

9. Iran

Selanjutnya, Iran berhasil meraih peringkat sembilan dengan skor PowerIndex sebesar 0,2712. Iran disebut-sebut menggelontorkan anggaran militer mencapai US$ 5,5 miliar atau sekitar Rp 87,2 triliun pada 2023. Selain itu, negara yang dipimpin oleh Ebrahim Raeisi itu diperkirakan mengoleksi 19 model rudal jelajah dan balistik.

10. Israel

Israel berada di posisi ke-10 sebagai negara dengan militer terkuat di Asia 2023 dan meraih skor indeks kekuatan sebesar 0,2757. Negara yang sedang berkonflik dengan Palestina tersebut mendukung sistem pertahanan nasionalnya dengan berbagai jenis alutsista canggih, salah satunya Iron Dome.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya