Miris, Lebih dari 10 Anak di Gaza Harus Kehilangan Kaki Akibat Serangan Israel

Anak-anak Palestina menerima perawatan di rumah sakit Al-Shifa di Gaza.
Sumber :
  • AP Photo/Abed Khaled.

Gaza – Sungguh ironi, kenyataannya lebih dari 10 anak rata-rata harus kehilangan satu atau kedua kaki mereka setiap hari di Gaza sejak 7 Oktober, dengan banyak amputasi dilakukan tanpa anestesi, kata sebuah badan amal pada hari Minggu ini 7 Januari 2024. 

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Dari situ kita bisa menggarisbawahi, bahwa kondisi ini bisa menggambarkan bagaimana  situasi kemanusiaan di sana benar-benar mengerikan  setelah lebih dari tiga bulan Israel melakukan tindakan bengisnya terhadap Gaza, Palestina.

Dalam sebuah pernyataan yang mengutip statistik PBB, direktur Save the Children untuk wilayah pendudukan Palestina, Jason Lee, mengatakan “penderitaan anak-anak dalam konflik ini tidak dapat dibayangkan dan terlebih lagi karena hal tersebut tidak diperlukan dan sepenuhnya dapat dihindari.”

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

“Pembunuhan dan pencacatan terhadap anak-anak dikutuk sebagai pelanggaran berat terhadap anak-anak, dan pelakunya harus dimintai pertanggungjawaban,” katanya lebih lanjut mengutip dari salah satu sumber pada Rabu 10 Januari 2024.

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

Save the Children merujuk pada pernyataan juru bicara UNICEF James Elder, yang setelah kembali dari Gaza, mengatakan pada 19 Desember bahwa sekitar 1.000 anak kehilangan satu atau kedua kaki mereka sejak 7 Oktober, ketika Hamas melancarkan serangannya terhadap Israel dan perang pecah.

Badan amal tersebut juga mengutip pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan bahwa banyak dari operasi terhadap anak-anak tersebut dilakukan tanpa anestesi, mengingat sangat kekurangan pasokan medis dan barang-barang kebutuhan pokok di Gaza.

Lee mengatakan dia telah melihat “para dokter dan perawat benar-benar kewalahan” ketika anak-anak dibawa ke rumah sakit dengan luka ledakan.

Anak-anak terluka akibat serangan bom Israel di Gaza.

Photo :
  • AP Photo/Hatem Moussa.

“Dampak melihat anak-anak kesakitan dan tidak memiliki peralatan, obat-obatan untuk mengobati atau meringankan rasa sakit adalah hal yang terlalu berat bahkan bagi para profesional berpengalaman sekalipun,” katanya dikutip VIVA.co.id dari laman cnn.com pada Rabu 10 Januari 2024.

Oleh karena itu, Jason lebih lanjut dengan tegas mendesak gencatan senjata agar segera dilakukan. Di mana mengingat, banyaknya anak-anak hampir tujuh kali lebih mungkin meninggal akibat luka ledakan dibandingkan orang dewasa karena mereka lebih rentan dan sensitif terhadap cedera, menurut badan amal tersebut.

“Tengkorak mereka masih belum sepenuhnya terbentuk, dan otot-otot mereka yang belum berkembang memberikan perlindungan yang lebih sedikit, sehingga ledakan lebih mungkin merobek organ-organ di perut mereka, bahkan ketika tidak ada kerusakan yang terlihat,” kata Lee, sambil menyerukan “gencatan senjata yang pasti” untuk mengatasi hal tersebut. memungkinkan aliran bantuan kemanusiaan dan obat-obatan.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah berulang kali mengatakan bahwa mereka tidak menargetkan warga sipil, dan bahwa Hamas menggunakan infrastruktur sipil, termasuk rumah sakit, sebagai perisai atas serangannya terhadap Israel.

Setidaknya 22.835 warga Palestina telah tewas dan 58.416 lainnya terluka di Gaza sejak 7 Oktober, kata Kementerian Kesehatan Palestina yang dikelola Hamas di Gaza pada hari Minggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya