Inggris Akan Kirim 20 Ribu Tentara Militernya ke Seluruh Eropa, Ada Apa?

Pasukan Militer Inggris yang dikirim ke Ukraina untuk membantu di invasi Rusia
Sumber :
  • Sky News

VIVA Militer – Inggris, melalui Menteri Pertahanan Grant Shapps mengumumkan bahwa pada paruh pertama tahun 2024, 20,000 personel layanan dari Angkatan Laut Kerajaan, Angkatan Darat Inggris, dan Angkatan Udara Kerajaan akan dikerahkan di seluruh Eropa untuk mengambil bagian dalam Latihan Steadfast Defender 24.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Latihan Steadfast Defender yang beranggotakan 31 negara NATO adalah upaya untuk memberikan "kepastian penting terhadap ancaman" presiden Rusia, Vladimir Putin, kata Shapps dalam pidatonya.

“Jika Putin berpikir kita akan terganggu oleh kejadian di Timur Tengah minggu lalu, karena keputusan jangka panjang yang diambil pemerintah, maka harapannya pasti pupus. Dalam dunia yang kompleks ini, tidak ada satu negara pun yang mampu melakukan hal ini sendirian, sehingga kita harus terus memperkuat aliansi kita sehingga dunia tahu bahwa aliansi kita tidak dapat dipatahkan. Pertahanan dalam banyak hal merupakan landasan hubungan kita di seluruh dunia,” ujarnya, melansir web resmi Kementerian Pertahanan Inggris, Selasa, 16 Januari 2024.

Ganas, Indonesia Hajar Inggris 5-0 di Thomas Cup

VIVA Militer: Pasukan Komando Marinir Kerajaan Inggris

Photo :
  • militaria-history.co.uk

Menteri Pertahanan juga akan memperingatkan bahwa negara-negara Barat kini berada di “persimpangan jalan” ketika ia mengungkapkan kontribusi Inggris dalam latihan perang dalam pidatonya di Lancaster House.

Pengakuan Jujur Anthony Ginting Usai Buka Keunggulan Indonesia Atas Inggris

Berbicara kepada Sky News, Shapps mengulangi peringatan dari rekan kabinetnya Lord Cameron, yang mengatakan pada hari Minggu bahwa "lampu global benar-benar menyala merah karena "begitu banyak bahaya, ketidakamanan, dan ketidakstabilan di dunia".

“Anda tidak hanya mendapatkan negara, Putin di dunia ini, dan Iran, tapi kini Anda juga mendapatkan aktor-aktor non-negara, seperti terorisme yang kita lihat di awal krisis di abad ini, aktor individu,” kata Menteri Pertahanan.

"Dan karena itu, dunia menjadi lebih tidak stabil dan sulit. Dan itulah tema besar pidato yang saya sampaikan pagi ini."

Shapps akan memaparkan visinya tentang bagaimana Inggris akan menolak potensi ancaman ketika sekutunya masih khawatir atas bahaya yang ditimbulkan oleh Rusia, mengingat perang melawan Ukraina kini memasuki tahun kedua.

Pasukan Militer Inggris yang dikirim ke Ukraina untuk membantu di invasi Rusia

Photo :
  • Sky News

Sekitar 16.000 tentara, bersama dengan tank, artileri dan helikopter, akan dikirim oleh Angkatan Darat Inggris dari seluruh Eropa Timur, mulai bulan depan.

Angkatan Laut Kerajaan Inggris akan mengerahkan lebih dari 2.000 pelaut di delapan kapal perang dan kapal selam, sementara lebih dari 400 Komando Marinir Kerajaan akan dikirim ke Lingkaran Arktik. RAF akan menggunakan pesawat serang F-35B Lightning dan pesawat pengintai Poseidon P-8.

Latihan ini akan mempersiapkan invasi ke negara anggota oleh agresor mana pun, kata sumber pertahanan. Namun ancaman utama yang dipertimbangkan berasal dari Rusia dan teroris.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya