PBB Sebut Israel Halangi Bantuan Kemanusiaan Masuk ke Jalur Gaza

VIVA Militer: Bantuan kemanusiaan warga Gaza, Palestina
Sumber :
  • timesofisrael.com

Gaza – Juru bicara PBB Stephane Dujarric, mengungkapkan pada 19 Januari 2024, bahwa militer Israel terus mencegah bantuan kemanusiaan memasuki Jalur Gaza.

Hamas soal Perdamaian: Bola Ada di Tangan Israel

“Rekan-rekan kemanusiaan kami di PBB melaporkan bahwa pembatasan Israel terhadap impor peralatan penting, termasuk perangkat komunikasi, sangat membahayakan operasi bantuan yang aman dan efektif di mana pun di Gaza,” kata Dujarric kepada wartawan.

Bantuan kemanusiaan memasuki Gaza melalui Kerem Shalom.

Photo :
  • The Times of Israel.
Israel Hancurkan 603 Fasilitas Air di Gaza Selama Perang

Dari 29 misi yang dijadwalkan untuk dua minggu pertama bulan Januari, hanya tujuh yang berpotensi dilaksanakan secara penuh atau sebagian, menurut PBB.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan lebih dari 50 persen anak di bawah usia 5 tahun menderita kasus diare dan kekurangan akses terhadap air bersih.

Israel Bombardir Rafah, Peringatan AS Diabaikan

Selain itu, mayoritas warga Gaza tidak memiliki akses terhadap obat-obatan yang digunakan untuk mengobati penyakit umum.

Truk-truk bermuatan bantuan kemanusiaan bersiap memasuki Gaza di sisi Mesir dari perbatasan Rafah yang menyeberang dengan Gaza pada 21 Oktober 2023.

Photo :
  • Antara Photo/Xinhua/Ahmed Gomaa.

Sebagai informasi, sekitar 25.000 warga Palestina telah dibunuh di Gaza oleh militer Israel, lebih dari separuhnya adalah perempuan dan anak-anak.

Kampanye pengeboman yang tidak pandang bulu juga telah mengakibatkan 85 persen penduduk Palestina mengungsi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya