Bantu UMKM di Industri Pelayaran, Meratus Siapkan Layanan Smart Financing

Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Jakarta Indonesia dinilai memiliki posisi strategis yang dapat dimanfaatkan secara optimal dalam jalur perdagangan laut domestik maupun internasional. Salah satunya perusahaan pelayaran Indonesia PT Meratus.

Logistik Bantuan Korban Banjir Ada Kutu Beras, BPBD Tangerang Minta Maaf

Meratus merupakan interagtor maritim dan logistik pertama di Indonesia. Mereka mendorong pertumbuhan sektor logistik dalam meningkatkan aktivitas ekonomi dan perdagangan, baik domestik maupun internasional.

Ilustrasi kapal laut

Photo :
  • VIVA.co.id/Berton Siregar
Social Commerce Makin Populer, Indef: Tren Pembayaran COD Melonjak

Dalam membantu UMKM di industri pelayaran, Meratus meluncurkan produk keuangan "Smart Financing" dengan bekerjasama oleh Bank Mandiri dan Modal Rakyat. 

Produk ini merupakan kemudahan akses terhadap kredit talangan yang diperlukan untuk modal kerja bisnis logistik. Meratus sendiri berhasil menjangkau Papua Nugini, Malaysia, China, Singapura, India, dan Vietnam.

Mitsubishi Fuso Bangun Gudang Suku Cadang di Morowali

Menurut CEO Meratus, Farid Bellbouab, peluncuran produk keuangan tersebut untuk mempermudah customer domestik maupun internasional.

"Jadi kami sebenarnya telah memperluas jejak geografis kami ke luar Indonesia.  Saat ini kami memiliki layanan yang terhubung di Malaysia, Tiongkok, Singapura, India, Vietnam, dan lainnya," ujar Farid saat di Jakarta Selatan, Senin, 22 Januari 2024.

Kapal Peti Kemas

Photo :
  • VIVAnews/Adri Irianto

Farid mengatakan, Solusi keuangan digital tersebut tidak hanya memenuhi kebutuhan pelanggan di pasar domestik, tetapi juga mampu memenuhi kebutuhan di pasar internasional.

"Jadi kami harus memastikan, sekali lagi, bahwa Anda (customer) mengetahui prioritas dan layanan karpet merah. Dan tentu saja kami terus berinovasi, untuk memastikan lagi, bahwa Anda tetap menjadi yang terdepan dalam bisnis lokal." ujarnya

Dalam kesempatan yang sama, Farid yang merupakan warga Prancis itu mengatakan bahwa dia telah tinggal di Indonesia selama 6 Tahun. Menurutnya, Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman dan inklusifitas yang tinggi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya