Langkah Awal Ambil Alih Gaza, Netanyahu Setuju Kendali Militer di Palestina usai Perang

Netanyahu (Doc: Anadolu Ajansi)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Tel Aviv – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu diam-diam telah menyetujui rencana Israel untuk mengambil kendali militer atas Gaza dalam masa transisi yang diharapkan mengarah pada reformasi Otoritas Palestina (PA) dan realisasi bentuk negara Palestina.

Heboh Israel Grebek Kantor Al Jazeera di Nazareth, Sejumlah Peralatan Disita

Menurut laporan oleh Jerusalem Post, inisiatif beberapa tahap ini disusun oleh sekelompok pengusaha, yang memiliki hubungan dekat dengan perdana menteri.

“Tahap pertama melibatkan pembentukan pemerintahan militer Israel yang komprehensif di Gaza untuk mengawasi bantuan kemanusiaan dan memikul tanggung jawab atas penduduk sipil selama ‘masa transisi’,” tulis media Israel tersebut.

Netanyahu Tidak Takut Soal Ancaman AS Mengenai Pasokan Senjata

VIVA Militer: Tentara Israel di Jalur Gaza, Palestina

Photo :
  • thenationalnews.com

"Tahap kedua akan melihat pembentukan koalisi Arab internasional, termasuk Arab Saudi, Mesir, Maroko, UEA, Bahrain, dan lainnya. Koalisi ini akan menjadi bagian dari perjanjian normalisasi regional yang lebih luas, mendukung pembentukan ‘Otoritas Palestina yang baru’,” tambahnya, dikutip dari The Cradle, Kamis, 1 Februari 2024.

Respon Kim Kardashian Saat Diteriaki Free Palestine Tuai Sorotan

Menurut laporan tersebut, rencana ini akan memungkinkan para pejabat, baik yang berafiliasi dengan Hamas maupun terkait dengan PA saat ini dan presidennya, untuk mewarisi pemerintahan Gaza dari Tel Aviv.

Ia menambahkan bahwa rencana tersebut akan memungkinkan Israel untuk melakukan operasi keamanan di Gaza, sama seperti Perjanjian Oslo tahun 1993 yang mengizinkan operasi militer Israel di Tepi Barat yang diduduki.

“Fase selanjutnya akan bergantung pada seberapa baik stabilisasi Gaza dan seberapa sukses PA yang baru direformasi. Hal ini akan mencakup reformasi luas fasilitas PA di Tepi Barat yang diduduki, termasuk pendidikan. Hal ini juga mencakup pembentukan mekanisme manajemen teror.”

Laporan tersebut selanjutnya mengatakan bahwa jika tahap ini berjalan lancar selama dua hingga empat tahun, Israel kemudian akan mengakui negara Palestina yang berada dalam wilayah Otoritas Palestina dan mempertimbangkan untuk mentransfer tanah tambahan yang tidak memerlukan pemukiman ke negara tersebut.

Dikatakan juga bahwa inisiatif tersebut sejalan dengan visi Washington untuk Gaza dan wilayah tersebut.

Laporan Jerusalem Post tidak menyebutkan Yerusalem Timur, yang selama beberapa dekade telah diminta oleh Otoritas Palestina sebagai ibu kota negara Palestina di masa depan.

VIVA Militer: Bendera Palestina di tengah puing bangunan kota Gaza

Photo :
  • washingtoninstitute.org

Hal ini terjadi satu hari setelah Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan bahwa Israel berencana untuk langsung menduduki Gaza setelah perang.

Netanyahu sebelumnya mengatakan bahwa pendudukan kembali Gaza tidak ada dalam agenda Israel, namun Tel Aviv harus mempertahankan kendali keamanan tanpa batas di jalur tersebut setelah perang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya