11 Negara Timur Tengah Ini Ternyata Tampung Ribuan Tentara AS

VIVA Militer: Tentara Amerika Serikat di Timur Tengah
Sumber :
  • aawsat.com

Jakarta – Dengan meningkatnya konflik antara Israel dan Hamas, Amerika Serikat berisiko terlibat dalam konflik yang lebih besar, yang dapat melibatkan lebih dari 40.000 personel militer AS yang tersebar di seluruh wilayah tersebut.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Ini menjadi penting karena pasukan AS dan kontraktor militer di Irak dan Suriah telah menjadi sasaran lebih dari selusin serangan oleh kelompok milisi yang didukung oleh Iran sejak serangan Hamas pada 7 Oktober.

Menteri Pertahanan Lloyd Austin telah memperingatkan tentang "prospek peningkatan serangan yang signifikan terhadap pasukan dan rakyat kami di seluruh kawasan."

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

VIVA Militer: Batch Bendera Amerika Serikat di Seragam Tentara AS

Photo :
  • Wall Street Journal

Serangan-serangan ini, bersama dengan kemungkinan perang yang lebih meluas, dapat mengubah arah upaya-upaya terakhir untuk mengurangi kehadiran AS di Timur Tengah sebagai bagian dari fokus strategis menuju Pasifik.

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

Distribusi sekitar 45.400 personel militer dan kontraktor AS terlihat tersebar di 11 negara di Timur Tengah, dengan jumlah terbanyak di Kuwait (sekitar 13.500 personel), diikuti oleh Bahrain (9.000 personel) dan Qatar (8.000 personel). Selain itu, terdapat setidaknya satu pangkalan AS di Israel dan beberapa ratus tentara di Oman.

1. Irak

Melansir Axios, personil di pos terdepan militer AS di Suriah telah menjadi sasaran setidaknya tiga serangan drone dan rudal, sementara serangan roket dan drone telah menargetkan personel AS yang berbasis di Irak setidaknya 10 kali sejak 17 Oktober. Tidak ada tentara AS yang tewas, namun setidaknya 21 orang menderita luka ringan yang digambarkan Departemen Pertahanan.

Departemen Pertahanan belum mengungkapkan secara terbuka berapa jumlah pasti tentara yang berada di Irak, namun dikatakan pada tahun 2021 bahwa jumlah personel turun menjadi 2.500.

2. Suriah

Sekitar 900 tentara berada di Suriah untuk melakukan operasi kontraterorisme melawan ISIS. Sekitar 100 dari mereka mendukung Tentara Pembebasan Suriah, sebuah koalisi milisi oposisi dalam perang saudara Suriah yang sedang berlangsung.

 3. Israel

VIVA Militer: Proses evakuasi tentara Amerika Serikat

Photo :
  • tasnimnews.com

Tidak jelas berapa banyak tentara AS yang bermarkas di Israel, namun AS memiliki setidaknya satu pangkalan militer di negara tersebut. Pangkalan rahasia tersebut, yang diberi nama kode “Site 512,” diyakini memiliki sistem pengawasan radar yang dapat mendeteksi dan melacak ancaman rudal balistik terhadap AS.

4. Yordania

Meskipun kehadiran militer AS merupakan isu domestik yang sensitif dalam politik Yordania, terdapat sekitar 2.900 personel di sana pada Juni 2023 atas permintaan pemerintah Yordania.

Mereka dikerahkan di sana untuk mendukung operasi Yordania melawan ISIS, untuk meningkatkan keamanannya dan untuk meningkatkan stabilitas regional. Pangkalan udara Yordania, khususnya, penting bagi misi intelijen AS di Suriah dan Irak.

5. Qatar

VIVA Militer: Tentara Amerika Serikat (AS) di Afghanistan

Photo :
  • Business Insider

Sebagai sekutu utama non-NATO lainnya, Qatar sangat penting bagi AS. strategi militer di wilayah tersebut. Setidaknya 8.000 tentara AS dikerahkan ke Pangkalan Udara Al Udeid di barat daya Doha, yang menjadi lokasi markas besar regional Komando Pusat AS.

Pangkalan udaranya adalah AS. instalasi militer terbesar di Timur Tengah, meskipun juga menampung angkatan udara Qatar dan angkatan udara dari negara lain, termasuk Inggris.

6. Arab Saudi

Melansir Axios, pada bulan Desember 2022, terdapat lebih dari 2.700 tentara AS yang ditempatkan di Arab Saudi untuk melatih, memberi nasihat, dan membantu angkatan bersenjatanya serta untuk melindungi kepentingan AS di kawasan tersebut dari Iran dan proksinya.

Para prajurit di sana memelihara sistem pertahanan udara dan rudal serta mendukung pengoperasian pesawat militer. Pemerintahan Biden pada tahun 2021 mengakhiri dukungan AS terhadap operasi ofensif Arab Saudi terhadap pemberontak Houthi yang berbasis di Yaman dan didukung Iran, meskipun AS masih memberikan dukungan defensif.

7. Bahrain

Tentara Amerika Serikat lakukan patrolo bersama Tentara Turki

Photo :
  • STAFF SGT. ANDREW GOEDL / U.S. ARMY/OPERATION INHERENT RESOLVE

Pada tahun 2022, terdapat lebih dari 9.000 personel militer AS yang ditugaskan di NSA Bahrain, pangkalan angkatan laut AS yang merupakan markas Komando Pusat Angkatan Laut AS dan Armada Kelima AS. Bahrain juga telah ditunjuk sebagai sekutu utama non-NATO, sehingga memungkinkannya membeli senjata tertentu dan melakukan penelitian pertahanan dengan AS. 8. Kuwait

Ribuan pasukan AS telah ditempatkan di Kuwait sejak tahun 1991 ketika koalisi multinasional yang dipimpin oleh AS mengusir pasukan Irak dari negara tersebut sebagai bagian dari Perang Teluk pertama.

Negara ini juga menjadi basis logistik utama bagi pasukan AS dan koalisi selama Perang Irak. Pada tahun 2021, terdapat 13.500 personel AS dan ribuan peralatan di Kuwait, terutama di Kamp Arifjan dan Pangkalan Udara Ali al-Salem.

9. Uni Emirat Arab

UEA telah menjadi sekutu utama AS di Timur Tengah selama bertahun-tahun, menampung hingga 3.500 personel AS. Mereka terutama bermarkas di Pangkalan Udara Al Dhafra, yang merupakan lokasi Gulf Air Warfare Center – pusat pelatihan pertahanan udara dan rudal regional yang dioperasikan bersama oleh UEA dan A.S.

Pelabuhan-pelabuhan di negara ini juga penting bagi Angkatan Laut AS, karena pelabuhan-pelabuhan tersebut secara kolektif menampung lebih banyak kapal dibandingkan pelabuhan lain di luar AS.

10. Oman

Ada beberapa ratus tentara yang ditempatkan di Oman, terutama dari Angkatan Udara. Negara ini mengizinkan Angkatan Udara untuk melakukan ribuan penerbangan dan ratusan pendaratan setiap tahunnya, sementara kapal-kapal A.S. mampu melakukan 80 kunjungan pelabuhan setiap tahunnya. Akses pelabuhan diperluas pada tahun 2019.

Awal tahun ini, AS memindahkan kapal perusak dan jet tempur tambahan ke dekat Oman sebagai tanggapan atas penyitaan kapal dagang Angkatan Laut Iran di Selat Hormuz dan Teluk Oman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya