5 Negara dengan Tingkat Pembunuhan Paling Tinggi di Dunia, Banyak di Benua Ini

Ilustrasi Penjara
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Setiap negara di seluruh dunia menghadapi berbagai permasalahan, termasuk meningkatnya keberadaan geng liar. Tidak hanya itu, kasus yang paling mengerikan, seperti pembunuhan, juga menjadi tantangan yang dihadapi oleh suatu negara.

Danone Tidak Termasuk! Ini Daftar Perusahaan Pendukung Israel Menurut PBB

Sejumlah negara menempati posisi tujuh teratas dalam kategori tingkat pembunuhan tertinggi di dunia. Beberapa faktor yang menyebabkan kejadian pembunuhan tetap berlangsung di negara-negara tersebut, termasuk masalah ekonomi dan persaingan untuk menguasai wilayah yang melibatkan geng liar di dalam negeri.

Sebagaimana VIVA lansir dari laman List25, Selasa, 6 Februari 2024, berikut adalah deretan negara dengan tingkat pembunuhan paling tinggi di dunia:

Alasan Nico Bunuh Wanita Open BO yang Jasadnya Ditemukan di Pulau Pari

Ilustrasi pembunuhan

Photo :
  • Pixabay

1. EL Salvador

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

El Salvador adalah negara di kawasan Amerika Tengah dan rumah bagi sekitar 6,3 juta orang. Tingkat pembunuhan yang sangat tinggi di negara ini ditandai dengan terjadinya kejahatan terkait geng dan kenakalan remaja secara signifikan.

Pada tahun 2004, misalnya, sebanyak 60 persen dari pembunuhan yang dilakukan di Salvador dilakukan oleh geng-geng lokal yang bersaing memperebutkan kekuasaan dan wilayah.

2. Honduras

Menurut laporan PBB, tingkat pembunuhan di negara ini juga terbilang tinggi. Honduras, rumah bagi sekitar 8,25 juta orang, memiliki salah satu tingkat pembunuhan tertinggi di antara semua negara di dunia.

Negara ini pernah memegang posisi teratas selama bertahun-tahun dengan tingkat pembunuhan rata-rata 86,5 persen sangat mengerikan. Namun, beberapa tahun belakangan angka ini turun secara signifikan. Tetapi Honduras masih mengisi daftar urutan kedua.

Ilustrasi pembunuhan

Photo :

Terletak di pantai utara Amerika Selatan, Venezuela telah dikenal sebagai salah satu pengekspor minyak utama dunia tetapi juga sebagai negara dengan tingkat pembunuhan yang sangat tinggi.

Tahun lalu, hanya 19 persen penduduk lokal merasa aman ketika berjalan sendirian di malam hari. Setiap tahun, lebih dari 50 orang dari 100.000 orang terbunuh di Venezuela dan jumlahnya terus meningkat selama beberapa dekade terakhir.

4. Jamaika

Jamaika adalah perwakilan lain dari Karibia sebagai negara dengan tingkat pembunuhan tertinggi di dunia. Statistik terakhir oleh Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan telah mengonfirmasinya. Pembunuhan dan kejahatan yang sangat sering terjadi di kota-kota besar seperti Kingston, ibu kota.

5. Lesotho

Lesotho memiliki pembunuhan yang tidak terkendali. Hampir setengah dari populasi negara itu hidup di bawah garis kemiskinan yang sebagian bertanggung jawab atas kejahatan besar dan tingkat pembunuhan tahunannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya