AS Serang Irak, Komandan Hizbullah Tewas

Serangan AS di Irak (Doc: ANews)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Baghdad – Komando Pusat AS (CENTCOM), mengatakan pada Rabu, 7 Februari 2024, bahwa mereka melakukan serangan udara di Irak, yang menewaskan seorang pemimpin senior kelompok perlawanan Kata'ib Hezbollah.

Rumah di Jaktim Roboh saat Renovasi, 1 Warga Tewas Tertimpa

“Pada pukul 21.30 tanggal 7 Februari, pasukan Komando Pusat AS (CENTCOM) melakukan serangan di Irak sebagai tanggapan atas serangan terhadap anggota militer AS, membunuh seorang komandan Kata'ib Hizbullah yang bertanggung jawab merencanakan dan berpartisipasi langsung dalam serangan terhadap pasukan AS di kawasan ini," kata CENTCOM pada akun X, dikutip dari ANews, Kamis, 8 Februari 2024.

Tidak ada indikasi kerusakan tambahan atau korban sipil saat ini, tambahnya.

Dugaan Penyebab Anggota Polresta Manado Tewas Bunuh Diri di Dalam Mobil Alphard

VIVA Militer: Jenderal (Purn.) Kenneth McKenzie saat menjadi Komandan CENTCOM

Photo :
  • militarytimes.com

AS juga berjanji akan terus mengambil tindakan yang diperlukan untuk melindungi rakyatnya, kata CENTCOM.

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

“Kami tidak akan ragu untuk meminta pertanggungjawaban semua pihak yang mengancam keselamatan pasukan kami,” tulis CENTCOM.

Sebelumnya, perlawanan Islam di Irak, sebuah kelompok militan yang mencakup Kata'ib Hizbullah yang didukung Iran, telah melakukan serangan drone dan rudal terhadap pasukan AS di wilayah tersebut selama berbulan-bulan, di tengah perang Israel yang sedang berlangsung melawan Hamas.

Rudal Hizbullah (Doc: Media Hizbullah)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Bulan lalu, serangan drone bunuh diri menewaskan tiga tentara Amerika di Tower 22, sebuah instalasi militer terpencil di Yordania dekat perbatasan Suriah dan Irak. Perlawanan Islam di Irak kemudian mengaku bertanggung jawab.

Presiden AS Joe Biden mengatakan dia telah memutuskan bagaimana dia akan menanggapi serentetan serangan itu, akan tetapi dirinya tidak memberikan rinciannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya