Menhan AS Dilarikan ke Rumah Sakit Dalam Kondisi Kritis Karena Kanker

US Secretary of Defense Lloyd Austin (Doc: AP Photo)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

WashingtonMenteri Pertahanan AS Lloyd Austin dirawat dan dalam kondisi kritis, pada Minggu, 12 Februari 2024. Menhan AS itu dirawat untuk pengobatan masalah kanker dan kandung kemih, menurut pejabat Pusat Medis Militer Walter Reed.

Bikin Mewek! Ini Isi Percakapan Istri dan Babe Cabita Dua Hari Sebelum Meninggal

"Austin kemudian mengalihkan tugasnya kepada Wakil Menteri Pertahanan Kathleen Hicks," kata Sekretaris Pers Pentagon Mayor Jenderal Pat Ryder dalam sebuah pernyataan.

Menhan AS Lloyd Austin di peringatan tragedi 11 September pada tahun 2022

Photo :
  • AP Photo/Andrew Harnik
Heboh Kopi Tanpa Kafein, Disebut Mengandung Bahan Pemicu Kanker

Baik anggota parlemen dari Partai Republik dan Demokrat mengkritik Austin bulan lalu karena tidak mengungkapkan diagnosis kanker dan rawat inap berikutnya pada bulan Desember dan Januari, termasuk kepada Presiden Joe Biden.

Beberapa tokoh Partai Republik, termasuk mantan Presiden Donald Trump, menyerukan agar Austin dicopot dari jabatannya.

Terpopuler: Mobil Pejabat Terkaya Versi LHKPN, Pemotor Emak-emak Berulah di Luar Negeri

Insiden itu memalukan bagi Biden, dan Austin meminta maaf dalam jumpa pers yang disiarkan televisi. Dia dijadwalkan untuk memberikan kesaksian di depan Kongres pada 29 Februari 2024 tentang situasi tersebut.

Biden, seorang anggota Partai Demokrat, mengatakan dia percaya pada Austin meskipun apa yang disetujui presiden adalah kesalahan dalam penilaian.

Dengan diumumkannya kunjungan Menlu AS ke rumah sakit dan keputusan cepat untuk mengalihkan tugasnya kepada seorang deputi, Pentagon tampaknya bertekad untuk menghindari terulangnya keributan politik bulan lalu.

"Tidak jelas berapa lama Austin akan dirawat di rumah sakit," kata pejabat rumah sakit dalam sebuah pernyataan pada Minggu malam.

"Prognosis kanker Austin tetap baik dan masalah kandung kemih diperkirakan akan membaik sesegera mungkin," tambah para pejabat, dikutip dari Arab News, Senin, 12 Februari 2024.

Sebagai informasi, Austin merupakan seorang pensiunan jenderal bintang empat, yang memimpin pasukan AS di Irak dan merupakan menteri pertahanan kulit hitam pertama Amerika.

VIVA Militer: Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd Austin

Photo :
  • cnbc.com

Saat ini, terdapat tiga investigasi berbeda terhadap perilaku Austin, termasuk investigasi yang dilakukan oleh kantor Inspektur Jenderal Pentagon, sebuah badan pengawas yang melacak limbah militer, penipuan, dan penyalahgunaan. Ketua Komite Angkatan Bersenjata DPR dari Partai Republik, Mike Rogers juga telah menelepon Austin untuk memberikan kesaksian terkait hal itu.

Austin dijadwalkan melakukan perjalanan ke Brussels untuk pertemuan Kelompok Pertahanan Ukraina pada hari Rabu, namun masih tidak jelas apakah penyakitnya itu akan mempengaruhi rencana perjalanannya atau tidak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya