WNI Membludak di WTC Kuala Lumpur, Pemungutan Suara Pemilu 2024 di Malaysia Meriah

Dubes RI di Kuala Lumpur Hermono (Doc: Antara)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Kuala Lumpur – Duta Besar Indonesia (Dubes) RI untuk Malaysia, Hermono, mengungkap antusiasme warga negara Indonesia (WNI) di Kuala Lumpur dalam pencoblosan Pemilu 2024. Hal itu juga terjadi pada panitia pemilihan luar negeri (PPLN) di Malaysia yang bersemangat.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

"Tadi saya sudah lihat, antusiasmenya cukup tinggi dan saya lihat petugas pun cukup semangat," kata Hermono, dilansir dari Antara, Senin, 11 Februari 2024.

Hermono pun berharap agar proses Pemilu 2024 di Malaysia berjalan dengan lancar. Hal tersebut diungkapkan dirinya usai ikut mencoblos di TPS nomor 1 di World Trade Center, Kuala Lumpur.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

"Mudah-mudahan ini semua berjalan lancar dan kita buktikan pemilu di Kuala Lumpur ini berjalan dengan lancar, dengan tertib," ujarnya.

Sejumlah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) melakukan penghitungan suara Pemilu 2019, di Dewan Tun Razak 1 dan 2, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu, 17 April 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rafiuddin Abdul Rahman
KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Lebih lanjut, dia juga mengatakan pemilihan umum Indonesia di Kuala Lumpur menjadi yang terbesar di luar negeri. Dia menekankan bahwa seluruh pelaksana pemilu harus siap untuk melayani warga Indonesia yang memberikan hak suaranya.

Selain saat pelaksanaan pemungutan suara, ia mengatakan hari perhitungan suara juga perlu diantisipasi. Karena menurutnya, biasanya akan banyak pihak yang ingin melihat langsung proses menghitung suara. "Dan itu terkonsentrasi di WTC. Kita harap hari ini lancar dan 14 Februari lebih lancar lagi," ujarnya

Seperti diberitakan sebelumnya, WNI di Malaysia antusias dalam melakukan pencoblosan Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN), yang berlokasi di World Trade Center (WTC) di Kuala Lumpur.

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Kuala Lumpur, Puji Sumarsono, mengatakan pelaksanaan pencoblosan itu mendapat respon positif dari WNI yang datang menyalurkan suaranya.

Dalam sebuah video di media sosial, pada Minggu, 11 Februari 2024, para WNI terlihat memadati kawasan WTC hingga membeludak.

Tampak WNI berjalan mengikuti alur yang telah disediakan, dan tidak sedikit dari mereka yang mengabadikan momen pencoblosan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya