Perusahaan Ocean Infinity Akan Lakukan Perburuan Pesawat Malaysia MH370 yang Hilang Secara Misterius

Ilustrasi Malaysia Airlines Penerbangan MH370
Sumber :
  • Netflix

VIVA – Malaysia mengatakan mungkin mempertimbangkan untuk memperbarui perburuan Flt. MH370, yang hilang secara misterius di Samudera Hindia 10 tahun lalu, dengan sebuah perusahaan teknologi Amerika mengatakan mereka tidak akan mendapat bayaran kecuali mereka menemukannya.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Dikutip dari SkyNews, Senin, 4 Maret 2024, Menteri Transportasi Malaysia Anthony Loke mengatakan perusahaan robot kelautan Ocean Infinity yang bermarkas di Texas telah diundang untuk menyajikan bukti-bukti yang mereka yakini mengenai lokasi pesawat tersebut setelah pesawat tersebut hilang bersama lebih dari 239 orang di dalamnya pada 8 Maret 2014.

Malaysia Airlines MH370 telah hilang selama hampir sepuluh tahun

Photo :
  • Sky News
DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Loke menyatakan bahwa jika Ocean Infinity berhasil menjual bukti-bukti sebagai bagian dari strategi "tidak ditemukan, tanpa biaya", ia akan meminta izin dari pemerintah untuk mendanai pencarian tersebut. 

“Pemerintah teguh dalam tekad kami untuk menemukan MH370,” kata Loke pada hari Minggu dalam acara peringatan 10 tahun hilangnya pesawat tersebut. 

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

“Kami sangat berharap pencarian dapat menemukan pesawat tersebut dan memberikan kebenaran kepada keluarga terdekat,” imbuhnya.

Boeing 777 menjadi berita utama internasional satu dekade lalu ketika berangkat dari ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur dan menuju ke Beijing, Tiongkok, dan menghilang tak lama kemudian.

Serpihan MH370 ditemui di Pulau Reunion

Photo :
  • tvOne

Meskipun data satelit mengungkapkan bahwa pesawat tersebut menyimpang dari jalurnya dan tampaknya jatuh di Samudera Hindia bagian selatan, berbagai pencarian ekstensif hanya menghasilkan sedikit petunjuk mengenai nasib sebenarnya dari pesawat tersebut dan penumpangnya.

Sejak hilangnya pesawat tersebut, beberapa puingnya terdampar di pantai Afrika timur dan pulau-pulau di Samudera Hindia.

Ocean Infinity adalah salah satu perusahaan yang telah melakukan pencarian pesawat yang hilang tersebut, dan meskipun perburuan pesawat itu pada tahun 2018 tidak menemukan apa pun, perusahaan robotika tersebut tetap bertekad untuk terus mencari dan mengajukan proposal pencarian terbarunya tahun lalu.

KS Nathan, anggota kelompok Voice MH370 yang terdiri dari kerabat penumpang yang hilang, mengatakan Ocean Infinity akan memperbarui pencariannya tahun lalu tetapi perburuan tersebut harus ditunda karena keterlambatan pengiriman armada kapal barunya dan peralatan pencarian. Ocean Infinity tidak segera menanggapi permintaan komentar The Post pada hari Minggu.

Pemerintah Malaysia menolak mengungkapkan biaya yang diajukan oleh Ocean Infinity jika mereka berhasil menemukan pesawat tersebut, namun menyatakan bahwa hal tersebut masih harus dinegosiasikan.

Loke mengatakan dia tidak melihat biaya sebagai masalah dan tidak memperkirakan adanya hambatan untuk melanjutkan pencarian jika disetujui.

Jacquita Gomes, yang suaminya seorang pramugari berada di pesawat, mengatakan dia bersyukur akhirnya bisa mengetahui apa yang terjadi padanya.

“Saya berada di puncak dunia,” katanya setelah pengumuman Loke pada acara peringatan di Subang Jaya, Malaysia, tentang potensi pencarian baru. 

“Kami telah berada di roller coaster selama 10 tahun terakhir. Jika tidak ditemukan, saya berharap dapat dilanjutkan dengan pencarian lainnya,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya